Kawan dan Lawan Telah Ditentukan

Kejadian sejarah yang terlalu jauh dan tua, membuat catatan tanggal lahir Hanxi tidak dapat ditemukan, hanya tercatat lahir pada 230 tahun sebelum masehi. Namun Hasta Aksara Hanxin telah beredar di kalangan ahli metafisika secara turun temurun selama ribuan tahun hingga kini. Menariknya, dari Hasta Aksara Hanxin, kita bisa menampakkan orang-orang yang membantu maupun mencelakai dirinya, tentu saja juga grafik hidup dirinya sendiri. Xiangyi tentu saja juga memiliki Hasta Aksara Hanxin. Setelah mempelajarinya, menurut Xiangyi seharusnya Hanxin lahir pada Jam Naga, bukan Ayam.

Chart Hanxin

Diri Hanxin diwakili Kayu kecil (乙) yang duduk di atas akarnya, yaitu Kelinci. Kelihatannya seperti Kayu hidup, sesungguhnya ini Kayu mati, karena Kelinci di tusuk Naga (Chuan) dan ditabrak Ayam, akarnya sudah terputus, karena itu Kayu kecil yang mewakili Hanxin adalah Kayu mati. Ia justru harus menitip hidup (He) pada Logam besar Geng (pilar Jam) dan takut pada Api yang bisa menghanguskannya.
Hanxin mengenal Xiaohe (蕭何), ketika menjadi tentara di bawah pimpinan Liubang (劉邦), saat itu Xiaohe adalah orang kepercayaan Liu, sedangkan Hanxin hanya seorang tentara biasa. Beberpa saat berada dalam pasukan Liu, kehebatan Hanxin belum pernah terpakai, iapun meninggalkan pasukan Liu secara diam-diam untuk mencari abdi baru yang lebih memahami dirinya. Xiaohe kaget mendapatkan kabar tersebut, tidak sempat melapor lagi kepada Liu, ia segera mengejar dan berhasil mengurungkan niat Hanxin untuk pergi.
Xiaohe lalu merekomendasikan Hanxin kepada Liubang, ia berkata pasti: “Dialah orang hebat yang ‘tiada duanya’ di Negeri ini!” Liubang mempercayai dan mengangkat Hanxin sebagai penglima besar. Hanxin segera menerapkan beberapa strateginya dan berhasil dengan sangat gemilang. Dalam waktu yang hanya 3 tahun lebih, Hanxin berhasil membantu Liubang menumbangkan Xiangyu yang sangat perkasa dan mendirikan Dinasti Han.
Aksara Mandarin蕭dari Xiaohe tersusun dari Kayu kecil艸dan肅yang berelemen Logam besar, sama dengan Diri Hanxin yang berinteraksi He dengan Geng (乙庚), dimana huruf Geng adalah batang langir Naga logam yang dibutuhkan Hanxin. Artinya karena bertemu dengan Xiao (蕭) yang merekomendakan dirinya kepada Liubang, kehebatan Hanxin bisa tersalurkan seluruhnya. Tetapi huruf kedua nama Xiaohe adalah何, huruf ini dapat diurai menjadi亻yang berarti manusia (人), yaitu bentuk lain dari Diri Hanxin (乙) yang berada di dalam Naga, atau juga bisa mewakili Kelinci; 口adalah trigram兌yang mewakili Ayam (酉) dan huruf丁yang berelemen Api. Bertemunya Naga dan Ayam menyebabkan Kayu乙di dalam Naga terpotong- potong menjadi bahan bakar, kemudian terbakar habis oleh api (丁). Pengaruh Xiaohe sunggu terlalu besar pada hidup Hanxin, ia merekomendasikan Han kepada Liu, mendatangkan keberhasilan besar bagi keduanya, tetapi ia pula yang memasang strategi menjebak dan menyebab Hanxin dibunuh oleh permaisuri Liu, yaitu Lvhou (呂后).

劉邦
Tulisan aksara Liu dari Liubang adalah劉, aksara itu tersebut tersusun dari beberapa huruf seperti pisau (刀), pedang (劍), kait (勾) dan tombak (槍) yang semuanya terbuat dari Logam (金), sedangkan邦memiliki arti perkumpulan, jadi nama Liubang adalah sebuah ladang tempur bagi Hanxin untuk memperagakan segala kemampuan- nya. Jadi hanya Liubang yang bisa menyediakan keberhasilan tertinggi dalam hidup Hanxin.
Permaisuri Lv yang membunuh Hanxin mewakili kehadiran Ayam yang memotong akar dan Api yang memusnahkan Kayu. Huruf Lv (呂) adalah bertumpuknya dua buah muluk, itu sebuah hexagram Dui (兌) yang juga adalah cabang bumi Ayam, sedangkan permaisuri adalah hexagram Li (離) yang sama dengan cabang bumi Kuda berelemen Api. Ayam yang memotong dan Kuda yang membakar habis, permaisuri Lv memang dewi kematian bagi Hanxin.
Kematian Hanxin juga menyangkut seorang anak buah Xiangyu bernama Zhong Limei (鐘離昧). Sebelum bekerja pada Liubang, Hanxin pernah kerja pada Xiangyu dan bersahabat baik dengan Zhong. Saat Xiangyu jatuh, Liubang ingin membunuh Zhong, tetapi Hanxi malah melindungi sahabatnya tersebut, hal itulah yang membuat dirinya celaka. Huruf鐘terdiri dari Logam (金) dan bocah (童), merupakan cikal-bakal Logam, dan keadaan itu diwakili oleh Ular; Li adalah trigram yang menwakili Kuda; Sedangkan huruf Mei (昧) mengandung aksara未yang berarti Kambing. Nah, Ular, kuda dan Kambing jika bersatu akan membentuk energi Api sangat besar, dan Api inilah yang membakar habis Kayu dari Hanxin.
Dari sini terlihat sangat jelas, bahwa nama dengan aksara Mandarin bisa mempenga- ruhi cara kerja dan interaksi elemen sebuah tanggal lahir dan memperkuat keadaan baik maupun buruknya sebuah kehidupan.

kawan dan lawan seseorang memang sudah ditentukan dari sananya.

 

Xiangyi

Xiangyi

 

Dewa Pasukan – Hanxin

 

 



Categories: Artikel, Ba Zi, Politik, Tokoh kuno

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: