Dewa Pasukan – Hanxin

Hanxin (韓信), seorang ahli kemiliteran Tiongkok kuno yang lahir pada 230 tahun sebelum masehi. Adalah panglima besar pendiri kerajaan Han Barat, salah satu dari “Tiga Orang Hebat Han Awal (漢初三杰)”, Hanxin meninggalkan banyak catatan sejarah dan strategi perang hebat. Ia seorang ahli militer, ahli strategi kemiliteran, ahli peperangan, pemimpin angkatan perang dan ahli teori kemiliteran. Seorang pemikir strategi kemiliteran terkemuka Tiongkok.

韓信

Penghargaan orang lain terhadap Hanxin sangat tinggi, di antaranya: “Tiada duanya di Tanah Air”, “Tinggi jasa tak tertandingi”, “Tidak sembarangan dilahirkan” dan lainnya. Kehebatannya dalam mengerahkan pasukan liar biasa dan sering di sebut sebagai ‘Pasuka Dewa’. Sebuah syair yang memujinya seperti ini : “Bercerita tentang pasukan, Sunzi (孫子) adalah yang nomor satu; Namun dalam hal mengerahkan pasukan, Hanxin-lah yang tak tertandingi.”

Jasa Hanxin sangat besar dalam berdirinya dinasti Han, pernah menjabat panglima tertinggi, raja Negeri Qi (齊王), raja Negeri Chu (楚王) dan pembesar Huaiyin (淮陰侯), namun justru karena kehebatannya dalam mengerahkan pasukan menimbulkan kecurigaan kaisar terhadap dirinya, hingga harus mati mengenaskan. Setelah Liubang (劉邦) menang dari musuh utamanya Xiangyu (項羽), kekuasaan Hanxi terus menerus diporoti, hingga akhirnya berhasil di jebak di istana “Bahagi Abadi (長樂宮)” dan dibunuh oleh permaisuri Lv (呂雉) dengan strategi dari Xiaohe (蕭何).

Hanxin tidak pernah berniat memberontak, ia tidak bersalah tetapi malah mati mengenaskan. Itulah fakta sejarah dan sisi gelap hati manusia. Perjalanan hidup Hanxin yang tragis seperti itu juga bisa diuraikan dalam Hasta Aksara yang akan Xiangyi bahas kemudian. Jaga tanggal Upload nya.

 

Catatan :

Tiga Orang Hebat Han Awal (漢初三杰) adalah tiga orang politisi, ahli perang dan pejabat sangat berjasa yang membantu pendiri dinasti Han (漢朝), Liubang (劉邦) menwujudkan impiannya. Mereka adalah Zhangliang (張良), Hanxin (韓信) dan Xiaohe (蕭何).

 

 

Xiangyi

Xiangyi

 

 

 

 

 

Kawan dan Lawan Telah Ditentukan

 

 



Categories: Artikel, Politik, Tokoh kuno, Umum

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: