Yohannes Christian John

Kita lebih mengenal Yohannes Christian John dengan nama Chris John, seorang petinju profesianal Indonesia yang namanya telah mendunia. Hebatnya adalah dari 44 kali pertandingan tidak pernah kalah sama sekali. 22 kali dimenangkannya dengan KO dan hanya berakhir seri 2 kali.

Kompas tanggal 22 Juni 2009 menurunkan berita, pertandingan Chris John dan Juarez batal karena kondisi kesehatan Chris John. Dikabarkan, Chris John tiba-tiba pinsan dalam latihan, dan dekat-dekat ini sering merasa capek jika berlatih. Ini gangguan sangat serius bagi seorang olah ragawan. Apa yang terjadi ? Dokter yang menanganinya telah mengelurakan larangan bertanding, karena hemoglobinnya tidak mampu mengikat oksigen secara baik, menyebabkan Chris John kekurangan oksigen untuk mendukung aktivitasnya.

Mari kita periksa Hasta Aksara Chris John, apa yang sedang terjadi dengan dirinya ? Ia lahir di Jakarta pada tanggal 14 September 1979, kemudian bersama keluarga pindah ke Banjarnegara, Jawa Tengah. Ayahnya Johan Tjahjadi (Tjia Foek Sem) seorang petintu Indonesia. Semenjak kecil, ia dan adiknya Andrian John dilatih bertinju dari usia 5 tahun. Tiga pilar Hasta Aksara Chirs John adalah :

Elemen yang mewaliki diri Chris John adalah kayu besar Jia. Kayu yang memiliki akar, dapat berkembang manjadi kokoh dan besar. Kayu Jia berinteraksi bergabung dengan tanah Ji, membuat kerja organisasi antar huruf menjadi bagus. Maka dapatlah diketahui, pemilik tanggal lahir ini seumur hidupnya tidak akan kekurangan uang. Lebih pasti lagi jika jam lahirnya adalah jam babi (21 – 23), naga (07 – 09), kambing (13 – 15) atau lahir antara jam 03 – 07 pagi.

Dari Hasta Aksara ini, satu hal yang pasti dapat diketahui. Saat periode hidup memasuki usia 2010 – 2019, periode tersebut merupakan 10 tahun mendulang duit. Dirinya akan bergelimangan duit. Biasanya seseorang pada periode yang beruntung seperti ini, akan berpikir untuk berbisnis, atau melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan banyak uang. Pertanyaannya adalah, apakah ia akan tetap bertinju atau akan beralih profesi ? Dan waktunya sangat singkat, hanya tinggal 1 tahun lagi. Di bawah ini adalah table periode kehidupannya.

Hal yang sangat kebetulan adalah, pada tahun ini diketahui terdapat gangguan kesehatan serius yang menghambat karir bertinjunya. Yaitu kemampuan hemoglobin mengikit oksigen sangat menurun, menyebabkan dirinya tidak bisa melakukan aktivitas keras, seperti bertinju yang menguras banyak tenaga.

Sesungguhnya, jika dilihat dari Hasta Aksara, problem kesehatan ini sudah mulai timbul sejak 2007, tetapi karena fisiknya yang prima, perkembangan awalnya tidak dirasakan sama sekali. Hal ini disebabkan pada tahun 2000 s/d 2009, periode hidup Chris John adalah Tikus Logam Gengshen. Logam Geng merupakan wujud diri dari logam Shen (Monyet) yang berada pada cabang bumi pilar diri. Hal ini menyatakan Logam keras tersebut sedang eksis. Logam adalah senjata paling ampu, alat membunuh paling tajam. Itu dapat dilihat dari prestasi bertinjunya selama periode ini yang sangat gemilang. Permasalahannya adalah api sangat membara muncul pada tahun 2006 (tahun Anjing api). Logam keras terbakar api selama tahun tersebut dan terjadi kelapukan perlahan. Tahun berikurnya (2007) adalah tahun babi api, api masih eksis sekalipun kecil. Namun masalah utama bukan terletak pada api, tetapi pada cabang bumi Hai (babi) nya. Interaksi ‘mencelakai’ (Chuan) antara babi dan monyet itulah yang merusak pilar diri, dan melemahkannya.

Biasanya gangguan kesehatan tidak timbul seketika, tetapi melalui suatu proses yang memerlukan waktu. Problem kesehatan pada Chris John juga demikian. Walau baru ketahuan sekarang, sesungguhnya sudah ada sejak 2007 yang lalu. Masalahnya ada pada cabang bumi pilar diri, yaitu monyet Shen. Shen memiliki elemen dasar logam, shen juga merupakan sumber dari air. Jadi shen dapat dihubungkan dengan kadar besi yang ada di dalam air. Dalam tubuh manusia, besi dan air dapat kita hubungkan langsung kepada zat besi di dalam darah. Saya tentu tidak tahu persis jenis penyakitnya, tetapi yang pasti ada hubungannya dengan zat besi dalam darahnya.

Pada umunnya, kita memahami kekurangan zat besi di dalam darah sebagai darah rendah atau kurang darah. Tetapi untuk kasus ini, seharusnya bukan kurang darah, tetapi sesuatu terjadi pada komposisi kimia darah atau hal lainnya, yang menyebabkan kemampuan protein permukaan darah mengikat oksigen menjadi turun. Karena saya tidak begitu memahami kedokteran, tidak bisa mengetahui dengan jelas.

Nah, pada tahun 2009 ini, cabang bumi tahun adalah Kerbau Chou. Kerbau merupakan gudang bagi logam. Dalam hal ini, gudang dapat dipahami sebagai sebuah ruang peristirahatan, penyekapan atau penyembuhan. Logam yang sakit jika bertemu gudang tentu akan masuk ke dalamnya, itulah sebabnya, tahun ini ia perlu penanganan penyembuhan atas sakitnya itu. Satu hal lagi yang tidak boleh diremehkan adalah, gangguan kesehatannya itu mungkin ada hubungannya dengan liver. Karena sistem Hasta Aksaranya juga menunjukkan kelemahan pada organ tersebut.

Diperkirakan penyembuhannya tidak bisa total dan harus berjalan dalam jangka waktu panjang. Karena periode hidup berikutnya (2010 – 2019) adalah Babi tanah Jihai. Paling sedikit gangguan tersebut akan melekat pada dirinya selama 10 tahun ke depan. Berdasarkan itu, timbul dugaan, apakah Chris John masih bisa melanjutkan karir tinjunya ? Jika iya, ia harus menjalankan terapi dan perawatan yang sangat intensif untuk setiap kali latihan, apalagi pertarungan. Namun suatu hal yang pasti adalah, tidak peduli masih bertinju ataupun ganti profesi, 10 tahun tersebut merupakan 10 tahun bergelimangan uang.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: