Ramalan di Tahun Babi Api

SHIO ITU ADALAH

Tidak jauh berbeda dengan astrologi barat, orang Cina pun memiliki sistem astrologi sendiri. Keduanya sama-sama membagi langit menjadi duabelas bagian. Bedanya, jika dunia barat menamai keduabelas bagian langit tersebut dengan nama-nama rasi bintang, maka orang Cina menamainya berdasarkan nama-nama binatang. Orang Cina zaman dulu memercayai, bahwa masing-masing binatang mewakili suatu karakter kehidupan. Nama-nama binatang inilah yang kelak menjadi nama untuk setiap shio (tahun Cina)
Menurut sejarah, shio dikenalkan kurang lebih pada tahun 2637 SM, ketika Kaisar Cina Huang Ti memulai putaran pertama pada tahun pemerintahannya ke-61. Sama seperti astrologi barat yang perhitungan tahunnya berdasar pada peredaran planet-planet dalam tata surya, jika astrologi barat berdasarkan pada kalender matahari, maka astrologi Cina berdasar pada kalender bulan yang dipadukan dengan kalender matahari dengan menambahkan 12 titik musim dalam perhitungan tahunnya, yang dimulai pada akhir bulan Januari sampai pertengahan Pebruari setiap tahun, tergantung pada tanggal jatuhnya bulan baru, sedangkan titik musim pergantian tahun selalu jatuh pada tanggal 4 atau 5 Pebuari.
Melalui perhitungan shio, kita dapat mengetahui kecenderungan karakter seseorang dan peruntungannya pada tahun tertentu. Namun, hal itu hanya berlaku secara general. Untuk lebih spesifik lagi, sebetulnya tak hanya menurut shio (tahun kelahiran), melainkan juga bulan, tanggal, dan waktu kelahiran.

TAHUN BABI API YANG MASIH BERGEJOLAK

Tahun 2007 disebut sebagai Ding Hai. Ding berarti nyala lilin, sedangkan Hai artinya laut. Secara lebih luas, digambarkan sebagai nyala lilin di atas perahu yang sedang berlayar di tengah samudera yang luas dan gelap. Maknanya, walaupun pada tahun ini keadaan masih serba sulit ini, namun  ada secercah cahaya dan harapan. Jadi, di tahun ini, akan banyak masalah-masalah yang terpecahkan, meski efeknya tidak bisa dinikmati di tahun ini.
Dalam hal tersebut, para pemegang tampuk kepemimpinan sangat berperan dalam mewujudkan kehidupan bernegara yang kondusif melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan. Hal ini diperkuat dengan pemunculan bintang Tian liang dalam astrologi bintang ungu (ziwei), yang digambarkan melalui figur orang tua yang melambangkan kebijaksanaan. Dengan demikian, semua permasalahan yang muncul akan terlewati dengan baik. Pada sisi lain, lemahnya fisik seorang yang tua mencerminkan problem-problem ruwet yang memang harus ditangani dengan baik.
Keuangan di tahun ini juga akan mengalami perbaikan. Tapi pengaruh bintang Tian ji (baca Tien ci) yang digambarkan sebagai roda mesin yang berputar cepat, dan Tai Yin, yang dilambangkan sebagai bulan yang timbul dan tenggelam, menjadikan keuangan menguat, tetapi kondisinya labil. Jadi, apabila gegabah mengambil keputusan, maka hanya dalam waktu semalam atau dua malam, uang akan mudah lenyap. Untuk itu, perlu berhati-hati dalam mengelola keuangan. (maaf, hindari memakai istilah dengan laval kesukuan, karena ucapan tien chi dan tai hin itu dialek Khe’, usahakan mengunakan ucapan dalam mandarin yang benar, agar dapat dipahami secara luas),
Sektor usaha dengan bintang Tian tong (baca Tien thong) bersifat jangka pendek, seperti restoran dan bisnis yang berbau hiburan banyak mengalami kemajuan besar di Tahun Babi ini. Dan bagi mereka yang ingin mengembangkan hobi menjadi bisnis, di tahun ini terbuka banyak kesempatan menjadi sukses.
Pengaruh bintang tanah (Tian fu) sangat kuat dirasakan pada sektor kesehatan, terutama di bulan ke-4 (antara April – Mei). Di tahun ini, gangguan kesehatan yang berkaitan dengan perut dan masalah pencernaan akan banyak muncul. Perlu diwaspadai munculnya semacam wabah yang berhubungan dengan pencernaan, bentuknya seperti penyakit tipus tapi dengan jenis yang lebih berbahaya.
Bencana-bencana yang berhubungan dengan unsur tanah dan panas masih akan mewarnai tahun 2007. Di bulan ke-6 (antara Juni – Juli) , unsur tanah yang diperkuat oleh unsur api menimbulkan pengaruh yang lebih dahsyat terhadap terjadinya suatu peristiwa. Bentuknya bisa berupa gempa bumi atau letusan gunung berapi. Pada sekitar bulan ke-11 hingga ke-12, kemungkinan akan terjadi bencana yang berhubungan dengan angin dan gempa bumi. Walaupun bencana masih mewarnai, tapi tidaklah sebesar peristiwa yang sudah terjadi sebelumnya.  Karena, biasanya kalau di awal tahun sudah terjadi bencana atau musibah besar, maka dia sudah mewakili bencana lainnya.

1. Shio Babi

Bagi kaum babi, tahun 2007 merupakan tahun yang membawa perubahan besar. Orang-orang yang beruntung dan sukses, nasibnya akan semakin mengilap di tahun ini. Sebaliknya, bagi mereka yang merugi di tahun sebelumnya, maka pada tahun ini kerugian yang diderita pun akan makin besar jumlahnya.
Di tahun ini juga merupakan tahun religius bagi kaum babi. Banyak dari mereka yang melakukan pencarian-pencarian terhadap makna hidup atau hal-hal yang berbau gaib.

Kelahiran:
18 Feb 2007 – 6 Feb 2008: Babi Api
31 Jan 1995 – 18 Feb 1996: Babi  Kayu
13 Feb 1983 – 1 Feb 1984: Babi Air
27 Jan 1971 – 15 Jan 1972: Babi Logam
8 Feb 1959 – 27 Jan 1960: Babi Tanah

Karakter:
Kelebihan: Jujur, bersahabat, ulet, sederhana, apa adanya, gesit, periang, penyayang, penyelenggara pesta piawai.
Kelemahan: kurang spirit berkompetisi, mudah hanyut pada kehidupan pesta, hobi menghadiahi diri dengan barang mewah, kurang diplomatis,

Cinta, rumah tangga:
Pemunculan bintang Tian Xi membawa kabar baik bagi si lajang yang ingin segera menikah, karena bintang ini melambangkan pernikahan. Bintang ini pun melambangkan datangnya anggota baru dalam keluarga.
Namun, keharmonisan bersama pasangan cukup terganggu pada tahun ini. Perlu mengembangkan sikap bersabar dan terbuka, karena salah pengertian mudah terjadi. Juga jangan memperbesar persoalan yang sebetulnya kecil.

Karier, bisnis:
Hati-hati dengan berbagai intrik. Jangan mengambil keputusan di saat kepala sedang ’panas’. Ketika situasi menekan, lebih baik mundur selangkah, daripada maju terus. Bagi mereka yang berencana mengikuti kursus keterampilan, jangan ditunda. Lakukan, karena Anda akan lebih cepat menguasainya.
Untuk bisnis, jangan seperti babi yang pemalas, Anda perlu mencari peluang bisnis, tapi jangan masuki bisnis atau investasi spekulatif. Banyak jebakan yang akan merugikan pada akhirnya.

Keuangan:
Ini tahunnya orang ber-shio Babi, tapi rezeki Anda tidak terlalu ’terdongkrak’. Malah, di  tahun ini perlu berhati-hati, mengingat sifat babi yang boros. Untungnya, di saat shio babi ini tertimpa kemalangan, mereka tidak perlu khawatir.  Karena, akan mendapat banyak bantuan. Pertolongan ini akan datang dari figur pria berumur, atau rekan sesama jenis yang berusia sepantar.

Kesehatan:
Ancaman penyakit yang berasal dari virus akan banyak menyerang. Oleh sebab itu, kaum babi harus memperkuat daya tahan tubuh dengan cara berolahraga secara teratur dan tidak makan makanan sembarangan.

2. Shio Tikus

Bintang Tai yang yang mewakili Matahari akan menaungi kehidupan orang shio tikus di tahun ini. Selain mewakili kebaikan, Matahari juga mewakili pekerjaan. Dengan demikian, pada tahun ini kaum tikus bisa mengharapkan kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupan pribadi maupun di bidang pekerjaan. Kalaupun ada kesulitan, mereka akan dapat melampauinya dengan baik. Keberuntungan juga banyak berpihak pada kaum tikus tahun ini. Hal ini diperkuat oleh kehadiran bintang Tian fu yang melambangkan keberuntungan.

Kelahiran:
19 Feb 1996 – 6 Feb 1997: Tikus Api
2 Feb 1984 – 19 Feb 1985: Tikus Kayu
15 Feb 1972 – 2 Feb 1973: Tikus Air
28 Jan 1960 – 14 Feb 1961: Tikus Logam
10 Feb 1948 – 28 Jan 1949: Tikus Tanah

Karakter:
Kelebihan: Kreatif, imajinatif, cerdas, pandai bergaul, intuitif, setia.
Kelemahan: oportunis, tukang kritik, gampang tersinggung dan marah jika sedang tertekan mudah, terkadang konsentrasi mudah terpecah.

Asmara, rumah tangga:
Kehidupan asmara kaum tikus akan penuh warna di tahun ini. Bagi si lajang yang sedang mencari pasangan, tahun ini merupakan saat baik untuk membina hubungan serius. Kemungkinan untuk mendapatkan pasangan yang serasi pun terbuka lebar di tahun ini. Keributan atau krisis besar dalam hubungan, baik bagi yang tengah berpacaran maupun yang sudah menikah, akan dapat terselesaikan dengan tuntas di tahun ini. Tapi, tuntas ini bisa berarti mereka akan tetap bersatu, atau sebaliknya mengambil keputusan berpisah.

Karier,bisnis:
Karier akan meningkat. Namun, perlu perjuangan dan kewaspadaan tinggi. Anda pun harus lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Bagi mereka yang gemar masak-memasak, tahun ini adalah saat yang paling tepat untuk meningkatkan ketrampilan yang satu ini. Siapa tahu, dari hobi akan berlanjut menjadi bisnis yang menguntungkan!
Besar kepala atas apa yang telah diperoleh adalah hal yang perlu diwaspadai. Jangan mudah percaya kepada orang, terutama lawan jenis, jika tidak ingin menderita kerugian. tingkatkan ketelitian, terutama untuk hal-hal yang bersifat teknis.

Keuangan:
Keuangan di tahun ini tidak mengalami kesulitan yang berarti. Namun, harus berhati-hati dengan situasi yang tidak menentu. Jadi, perencanaan keuangan yang tepat dan menabung, jadi kunci sukses tahun ini.

Kesehatan:
Dalam hal kesehatan, kaum tikus juga harus banyak menjaga stamina karena ada gambaran munculnya virus (bintang Fei lian) di tahun ini. Gangguan kesehatan yang berhubungan dengan sirkulasi darah, seperti tekanan darah naik atau menurun, gangguan mata, dan sakit kepala sering menjadi keluhan di tahun ini.

3. Shio Kerbau

    Tahun ini kehidupan kaum kerbau diwakili oleh pemunculan bintang Tai Fu. Bintang ini menggambarkan adanya jebakan palsu, sehingga kaum kerbau harus berhati-hati di dalam bersikap atau mengambil keputusan di tahun babi ini. Terlebih bagi mereka yang banyak berhubungan dengan keuangan atau investasi.
Bagi kaum kerbau yang ingin mengadakan perjalanan jauh, kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak terduga, seperti kecelakaan, maupun perampokan sangat besar di tahun ini, sehingga mereka harus tetap berhati-hati dan waspada.
Lebih dekatlah dengan orang tua atau atasan, mereka akan banyak membantu anda pada tahun babi ini.

Kelahiran:
7 Feb 1997 – 27 Jan 1998: Kerbau Api
20 Feb 1985 – 8 Feb 1986: Kerbau Kayu
3 Feb 1973 – 22 Jan 1974: Kerbau Air
15 Feb 1961 – 4 Feb 1962: Kerbau Logam
29 Jan 1949 – 16 Feb 1950: Kerbau Tanah

Karakter:
Kelebihan: Karismatik, ulet, cerdas, bertanggung jawab, berdedikasi, semangat, suka tantangan, mudah beradaptasi, sabar, sayang anak, benci kemunafikan, Kelemahan: tak suka diatur, ceroboh, moody, keras kepala, pencemburu, dan pendendam.

Asmara, rumah tangga:
Tindakan berhati-hati ini perlu diterapkan shio kerbau di dalam menjaga relasi antar anggota keluarga. Perbedaan pendapat kecil akan banyak terjadi dalam kehidupan keluarga kaum kerbau di tahun ini. Sementara shio kerbau yang menjalin kehidupan asmara tidak mengalami banyak permasalahan atau hambatan.

Karier,bisnis:
Hati-hati dan pelajari dengan baik situasi dunia bisnis yang akan Anda tekuni. Selidiki juga calon rekan bisnis Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan atau mendapat rekan bisnis yang tidak kompeten.  Bagi yang berkarier di kantor, berhati-hatilah dengan politik kantor dan kemungkinan dijadikan kambing hitam atau difitnah oleh rekan kerja.

Keuangan:
Problem keuangan bisa terjadi akibat uang Anda dilarikan atau piutang tidak dibayar. Sehingga, bila meminjamkan uang, Anda harus yakin kepribadian dan latar belakang orang yang mengutang pada Anda itu. Selain itu, untuk keamanan Anda, sisihkan keuangan untuk memakai jasa asuransi.

Kesehatan:
Jagalah pola makan anda dengan baik, karena masalah pencernaan akan sering muncul menggangu anda. Hindari makan cabe yang berlebihan. Masalah yang berhubungan dengan kesehatan darah juga harus diperhatikan, misalnya keseimbangan darah dan faktor kecelakaan.

4. Shio Macan 

Tahun ini adalah tahun yang penuh mawas diri bagi shio macan. Mereka yang gemar berspekulasi harus lebih menjaga langkahnya, terutama di bulan Juli dan Oktober, agar tidak mendapat kerugian. Lebih baik, Anda menjalani bisnis atau karier yang jalannya sudah pasti.
Faktor kesehatan shio macan juga perlu mendapat perhatian yang baik, terutama bagi yang pernah mengalami serangan liver, istirahat yang cukup dan stamina harus selalu terjaga baik.

Kelahiran:
28 Jan 1998 – 15 Feb 1999: Macan Tanah
9 Feb 1986 – 28 Jan 1987: Macan Api
23 Jan 1974 – 10 Feb 1975: Macan Kayu
5 Feb 1952 – 24 Jan 1953: Macan Air
17 Feb 1940 – 5 Feb 1941: Macan Logam

Karakter :
Kelebihan: Agresif, berani, mandiri, percaya diri, tepat janji, melindungi, mudah bergaul, memesona,
Kelemahan: pemberontak, ceroboh, tidak disiplin, bossy, kasar, iri hati, dan terburu-buru.

Asmara, rumah tangga:
Untuk masalah asmara cukup baik. Tapi, jaga diri Anda dari pengaruh gosip. Lebih baik, selidiki dulu kebenaran berita yang Anda dengar. Beberapa kaum macan yang berencana melangkah ke pelaminan, tahun ini akan mengalami penundaan karena sesuatu hal. Begitu juga, bagi mereka yang berencana untuk bercerai. Alangkah baiknya, penundaan ini dijadikan sebagai masa introspeksi diri untuk melangkah ke hal yang lebih baik.

Karier, bisnis:
Di tahun ini, shio macan akan mengalami kerugian yang sifatnya tidak disadari. Misalnya, memiliki usaha yang selama ini terlihat berjalan dengan baik, namun begitu dihitung-hitung ternyata hasilnya rugi, entah karena manajemen yang salah atau biaya produksi atau biaya operasional yang terlalu besar. Karena itu, lakukan audit atau evaluasi terhadap jalur pendapatan dan pengeluaran bisnis selama ini.
Dalam hal relasi, kaum macan juga harus lebih berhati-hati dalam berbicara. Ini berkaitan dengan pemunculan bintang zhi bei. Selidiki segala sesuatunya dengan lebih baik dan jangan gampang menuduh, karena akan ada orang yang tidak senang dan tersinggung dengan tuduhan Anda. Bahkan, dalam tingkatan yang parah, perkara singgung-menyinggung ini dapat menyeret macan ke pengadilan. Oleh sebab itu kaum macan harus mengurangi kebiasaan menggosip dan lebih peka dalam menjaga perasaan orang lain.

Keuangan:
Bukan cuma dalam berbisnis, kaum macan pun perlu memerhatikan pengelolaan keuangan pribadi selama ini. Batasi pengeluaran yang sifatnya tidak penting. Hal ini diperjelas dengan kemunculan bintang Da Hao yang melambangkan pengeluaran yang tidak disadari oleh Anda.

Kesehatan:
Tahun ini kaum macan akan banyak mengalami gangguan syaraf, serta otot motorik. Ketatlah menjaga pola makan. Jauhi makanan berminyak dan banyak mengandung lemak agar terhindar dari ancaman stroke. Apalagi, di tahun ini shio macan dinaungi bintang Tian yue, yang mewakili suatu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan.
Kemunculan bintang Tian gui yang melambangkan obat, juga mengartikan banyak kaum macan nantinya akan ketergantungan terhadap obat. Oleh sebab itu, harus lebih berhati-hati di dalam pergaulan agar tidak terjebak dalam jerat narkoba.

5. Shio Kelinci
Secara keseluruhan, kehidupan shio kelinci akan sangat baik di tahun babi ini,  terutama berkaitan dengan masalah pekerjaan atau karier. Ide-ide mereka pun akan lebih banyak di dengar tahun ini. Bagi mereka yang masih merampungkan studi, akan memeroleh prestasi yang baik. Bagi kaum kelinci yang menghadapi kesulitan akan banyak mendapatkan bantuan dari rekan laki-laki yang sebaya.

Kelahiran:
16 Feb 1999 – 4 Feb 2000: Kelinci Tanah
29 Jan 1987 – 16 Feb 1988: Kelinci Api
11 Feb 1975 – 30 Jan 1976: Kelinci Kayu
25 Jan 1963 – 12 Feb 1964: Kelinci Air
6 Feb 1951 – 26 Jan 1952: Kelinci Logam

Karakter:
Kelebihan: Baik hati, ramah, menarik, cerdik, fleksibel, penolong, semangat, percaya diri, berani ambil risiko, cermat, ambisius, tidak suka keributan
Kelemahan: liar, angkuh, mudah tertipu, tidak suka dikritik, pandai menciptakan konflik.

Asmara, rumah tangga:
Dewi asmara pun sepertinya berpihak pada kaum kelinci di tahun ini. Bagi mereka yang belum mendapat pasangan, akan segera menemukan belahan hatinya. Sedangkan bagi mereka yang berencana mengakhiri masa lajang, prosesnya akan berlangsung lancar. Dan, bagi mereka yang sudah menikah, akan menjalani kehidupan rumah tangga yang lebih harmonis dan mesra.

Karier, bisnis:
Kaum kelinci banyak yang akan mendapatkan promosi atau kekuasaan yang lebih. Anda yang memiliki pekerjaan atau bisnis yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia maupun bahan-bahan tambang akan mengalami kemajuan pesat. Namun demikian, kesuksesan ini mengundang kecemburuan beberapa pihak.

Keuangan:
Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini, posisi keuangan shio kelinci akan menguat. Jadi, dari segi rezeki bisa ’bernafas lega’.

Kesehatan:
Kesehatan secara garis besar bagus, tetapi tetap harus mewaspadai timbulnya gangguan pencernaan. Sangat disarankan untuk tidak dekat-dekat dengan unggas, karena Anda rawan tertular penyakit dari unggas ini.

6. Shio Naga
Peruntungan shio naga di Tahun Babi cukup baik, tetapi mereka harus menjaga diri agar tidak terjebak gosip yang bisa berpengaruh negatif.
Perjalanan jauh akan menyenangkan bagi si naga, terutama perjalanan ke negara-negara yang ada di belahan bumi sebelah barat.
Tingkatkan kepercayaan diri untuk menyambut keberuntungan yang melimpah luah di depan mata.

Kelahiran:
5 Feb 2000 – 23 Jan 2001: Naga Logam
17 Feb 1988 – 5 Feb 1989: Naga Tanah
31 Jan 1976 – 17 Feb 1977: Naga Api
13 Feb 1964 – 1 Feb 1965: Naga Kayu
27 Jan 1952 – 13 Feb 1953: Naga Air

Karakter:
Kelebihan: Berwibawa, berani, percaya diri, energik, ambisius, murah hati, jujur, Kelemahan: pemalas, keras kepala, kasar, tidak sabar, tidak mudah puas, mudah jatuh hati, dan sulit setia.

Asmara, rumah tangga:
Dalam kehidupan keluarga, shio naga rentan terhadap perang mulut. Agar terhindar dari cekcok, cobalah untuk menurunkan suhu emosi dan lebih menaruh kepercayaan kepada anggota keluarga, atau rencanakan suatu liburan bersama untuk membina hubungan yang lebih baik.
Di tahun ini, kehidupan asmara kaum naga tidak banyak mengalami gejolak dan cenderung monoton. Namun bagi yang telah berkeluarga, harus lebih menahan diri dan mengerti pasangan agar terhindar dari keributan-keributan kecil yang tak perlu.

Karier, bisnis:
Kaum naga juga harus membiasakan diri untuk tidak menunda-nunda pekerjaan, karena hal ini akan menyebabkan hambatan-hambatan di kemudian hari.
Bagi naga yang profesinya mengandalkan daya imajinasi dan kreatifitas akan memiliki sumber ide yang banyak di tahun ini. Dengan demikian karier mereka pun bisa berkembang dengan lebih baik. Hal ini disebabkan oleh pemunculan bintang Di kong (baca ti khong) yang bersifat kosong, yang akan memberikan ruang serta ketenangan bagi mereka untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya.
Jauhkan sikap curiga dan berusahalah untuk selalu berpikiran positif dalam menyikapi segala sesuatu. Sedangkan bagi mereka yang profesinya berhubungan dengan keahlian khusus, seperti konsultan, dokter, atau pengacara, akan mengalami perkembangan karier yang cukup baik.

Keuangan:
Keuangan kaum naga cukup baik, lalu lintas uang kontan lancar, yang harus dijaga adalah jangan tercandu perjudian. Percaya diri dan berpikir positif menjadi kunci dalam medulang harta kaun naga. Ketertundaan dalam bentuk apapun akan sangat merugikan keuangan sanga naga.

Kesehatan:
Kaum naga tahun ini harus lebih waspada terhadap adanya gangguan pencernaan. Jaga kebersihan dan kesehatan makanan yang Anda konsumsi. Bagi ular yang sudah berumur, di tahun ini akan lebih sering menerima kabar berita duka yang menimpa orang-orang yang dikenalnya.

7. Shio Ular

Banyak orang berpendapat bahwa shio ular di tahun babi kurang baik, hal ini tidak sepenuhnya benar. Malah, di tahun babi ini kehidupan kaum ular cenderung positif. Kesibukan pekerjaan juga akan banyak menyita waktu kaum ular di tahun ini. Kesibukan karier ini akan berbanding lurus dengan besar pendapatan yang diterima oleh si ular. Usaha patungan akan mewarnai dunia usaha shio ular di tahun ini.

Kelahiran:
24 Jan 2001 – 11 Feb 2002: Ular Logam
6 Feb 1989 – 26 Jan 1990: Ular Tanah
18 Feb 1977 – 6 Feb 1978: Ular Api
2 Feb 1965 – 20 Jan 1966: Ular Kayu
14 Feb 1953 – 2 Feb 1954: Ular Air

Karakter:
Kelebihan: Bijaksana, cerdas, ulet, sabar, penuh perhitungan, konservatif, cantik, seksi, selektif, agak misterius
Kelemahan: pelit, benci kegagalan, curiga, mudah tertipu, boros, posesif, pencemburu, dan kurang jujur.

Asmara, rumah tangga:
Dalam hal percintaan, tahun ini adalah tahun yang baik bagi kaum ular yang akan melepas masa lajangnya. Demikian juga bagi ular lajang, di tahun ini kesempatan untuk bertemu pasangan hidup akan lebih besar.

Karier, bisnis:
Kesempatan untuk merintis bisnis pun terbuka lebar. Dan bagi mereka yang mencari rekan bisnis, pada akhirnya akan berhasil mendapatkan pasangan bisnis yang cocok. Bagi mereka yang profesinya mengandalkan daya imajinasi akan terbantu dengan banyaknya aliran ide dan kreativitas di tahun ini.
Bintang Bo shi (profesor) yang menaungi shio ular merupakan pertanda cerah bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pasalnya, di tahun ini mereka akan banyak dimudahkan dalam menerima ilmu.

Keuangan:
Pemunculan bintang Da Hao, membuat ular harus berhati-hati terhadap pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak terasa. Batasi penggunaan alat pembayaran yang mempermudah pembelanjaan uang, seperti kartu kredit dan debit.

Kesehatan:
Tahun ini gangguan kesehatan yang berkaitan dengan unsur air, seperti masalah kandung kemih dan ginjal akan banyak menghantui kaum ular. Untuk itu, jagalah kesehatan ginjal Anda dengan banyak mengonsumsi air. Sedangkan bagi mereka yang sudah berumur, gangguan komplikasi juga akan membayangi kesehatan di tahun ini. Kondisi imun tubuh yang menurun membuat ular mudah tertular penyakit. Untuk itu, tahun ini, hindari kontak langsung, atau makan dan minum bersama dengan si sakit.

8. Shio Kuda

Kuda di tahun babi akan lebih bertindak bijak. Oleh sebab itu, tahun ini menjadi momen yang sangat baik untuk menuntaskan permasalahan atau pekerjaan yang sempat tertunda.

Kelahiran:
12 Feb 2002 – 31 Jan 2003: Kuda Air
27 Jan 1990 – 14 Feb 1991: Kuda Logam
7 Feb 1978 – 27 Jan 1979: Kuda Tanah
21 Jan 1966 – 8 Feb 1967: Kuda Api
3 Feb 1954 – 23 Jan 1955: Kuda Kayu

Karakter:
Kelebihan: Mandiri, optimistis, energik, bersahabat, cerdas, riang, penolong, pemaaf, seksi, dermawan, petualang
Kelemahan: egois, kasar, emosional, kurang percaya diri, boros, mudah jatuh hati, tidak sabaran.

Asmara, rumah tangga:
Dalam hal asmara, kaum kuda harus belajar untuk saling memahami, dan saling mengalah satu sama lain agar tercipta hubungan yang lebih harmonis. Pasalnya, tahun ini pasangan kuda cenderung akan mengalami beberapa perselisihan yang berbuntut panjang. Selain itu, kaum kuda juga harus lebih berhati-hati dalam menjaga mulut, karena hal ini secara sengaja maupun tidak sengaja akan menyakiti hati pasangan atau orang lain. Bagi mereka yang masih lajang, tahun ini kesempatan untuk memeroleh pasangan juga cukup besar.

Karier, bisnis:
Berhubungan dengan karier, penghasilan yang didapat kurang begitu memuaskan. Meski rezeki jalannya agak lambat, pada akhirnya semua kebutuhan mereka ini akan terpenuhi juga. Pendek kata, mereka harus melewati lika-liku yang cukup panjang dan melakukan usaha ekstra untuk masalah yang satu ini! kaum kuda yang kariernya berhubungan dengan filosofi dan filsafat akan banyak mengalami kemajuan di tahun ini. Mendirikan bisnis baru membutuhkan perjuangan extra untuk dapat memperoleh keuntungan yang diharapkan.

Keuangan:
Tahun ini warga shio kuda akan mengalami gangguan cash flow yang berpengaruh terhadap ketersediaan uang tunai.  Namun pada ahirnya dapat teratasi.

Kesehatan:
Tahun ini, masalah gangguan kesehatan juga banyak menghampiri warga kuda. Walaupun sifatnya ringan, namun cukup mengganggu aktifitas sehari-harinya. Untuk lebih meningkatkan stamina, jagalah pola makan, dan tingkatkan konsumsi vitamin!
Bagi mereka yang profesinya mengharuskan berhubungan atau menggunakan benda-benda tajam, seperti juru masak, misalnya, harus lebih berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan kerja.

9. Shio Kambing 

Pengaruh bintang Lian Zhen (baca Lian cen) yang melambangkan kondisi emosi yang tidak stabil, membawa pengaruh negatif bagi warga shio kambing. Untuk itu, di tahun babi ini kaum kambing harus lebih berhati-hati di dalam segala hal. Hal ini dipertegas dengan pemunculan bintang Hua ji, sebagai perlambang sesuatu yang menyakitkan, seperti adanya pengkhianatan, kemunduran karier, dan hubungan antar manusia yang kurang baik.

Kelahiran:
1 Feb 2003 – 21 Jan 2004: Kambing Air
15 Feb 1991 – 3 Feb 1992: Kambing Logam
28 Jan 1979 – 15 Feb 1980: Kambing Tanah
9 Feb 1967 – 29 Jan 1968: Kambing Api
24 Jan 1955 – 11 Feb 1956: Kambing Kayu

Karakter:
Kelebihan: Jujur, kreatif, tekun, tenang, sabar, teliti, tidak mudah puas.
Kelemahan: tak suka keteraturan tidak disiplin, sulit dipercaya, pengikut, penakut, pesimistis, dan pemalas.

Asmara, rumah tangga:
Berpikir positif dan saling mengalah adalah kata kunci untuk kaum kambing dalam rumah tangga. Hindari perasaan-perasaan negatif yang muncul sewaktu-waktu. Bintang Gua shu datang menyapa orang kambing, bintang ini memiliki pengaruh kuat untuk menjalani hidup seorang diri, karena itu kaum kambing harus berpikir dua kali terlebih dahulu, jangan mudah mengatakan kata ’cerai’.
Muda-mudi kambing juga harus saling menjaga perasaan pasangannya agar tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan. Bersabarlah bagi yang belum berpasangan, sesuatu yang diperoleh dengan mudah akan terlepas dengan cepat pula, jadi ada baiknya tidak terburu-buru.

Karier, bisnis:
Karier cenderung tidak begitu cerah, atau paling tidak hanya jalan di tempat. Begitu pula laju bisnis. Meski demikian, di tengah segala ketidakberuntungan dan permasalahan yang dihadapinya, warga kambing akan tetap mendapatkan pertolongan. Hal ini dipertegas dengan pemunculan bintang Tian De (baca Tien te).
Satu-satunya yang baik dalam kehidupan shio ini ditandai dengan pemunculan bintang Qing long yang menandakan bahwa selama kaum kambing tetap bersikap waspada dan berhati-hati dalam melangkah, maka keberuntungan akan tetap dapat mereka cicipi. Hal ini pertanda baik bagi mereka yang berada dalam posisi puncak. Dan bagi mereka yang menjabat sebagai petinggi di dunia militer, akan sangat berkuasa di tahun ini. Demikian juga mereka yang profesinya berkaitan erat dengan penyelamatan nyawa, seperti dokter bedah, kariernya akan mengalami kemajuan yang berarti.

Keuangan:
Keuangan kambing biasa saja, bahkan cendrung memburuk, perlu menjaga pengeluaran, jika tidak ingin mengutang. Namun demikian, bagi yang dokter bedah, atau kambing yang profesinya berhubungan dengan peralatan yang tajam dan berbahaya, malah memperoleh pemasukan yang berlimpah.

Kesehatan:
Tahun ini adalah tahun yang rawan kecelakaan bagi kaum kambing. Baik itu kecelakaan di temmpat kerja, maupun yang berhubungan dengan perjalanan yang dilakukan. Oleh sebab itu, kewaspadaan dan kehati-hatian harus lebih ditingkatkan.
Dalam hal kesehatan, peredaran darah yang tidak lancar, infeksi darah, darah kotor, sering menjadi penyebab utama gangguan kesehatan pada kaum kambing di tahun babi ini. Bagi mereka yang sudah berumur, kemungkinan gangguan pernafasan, serangan jantung dan gangguan penyakit stroke sangat tinggi di tahun ini. Jadi harus benar-benar menjaga diri dari gaya hidup yang tidak sehat.

10. Shio Kera

Tahun ini merupakan tahun penuh aktivitas dan kehidupan sosial bagi warga kera. Mereka akan banyak menghadiri dan menikmati undangan-undangan pertemuan atau pesta. Sehingga kesempatan untuk bertemu teman baru, atau memperluas jejaring sangat terbuka lebar di tahun ini.

Kelahiran:
22 Jan 2004 – 8 Feb 2005: Monyet Kayu
4 Feb 1992 – 22 Jan 1993: Monyet Air
16 Feb 1980 – 4 Feb 1981: Monyet Logam
30 Jan 1968 – 16 Feb 1969: Monyet Tanah
12 Jan 1956 – 30 Jan 1957: Monyet Api

Karakter:
Kelebihan: Lihai, pintar, energik, hangat, ingatan baik, berwawasan, suka belajar, efisien, percaya diri, optimistis
Kelemahan: cerewet, suka pesta, egoistis, oportunis, malas, arogan, sulit dipercaya, dan kurang setia.

Asmara, rumah tangga:
Dalam hal urusan asmara, kaum kera diuntungkan dengan jam kehidupan sosialnya yang tinggi di tahun ini. Banyaknya kenalan-kenalan baru akan memudahkan si lajang untuk bertemu dengan calon pasangan hidupnya. Bagi mereka yang sudah berumah tangga, tidak ada gejolak yang berarti. Dalam artian, tetap ada cekcok atau perselisihan kecil, namun berada dalam batas wajar.

Karier, bisnis:
Di tahun ini, orang yang dinaungi shio kera akan memeroleh banyak kesempatan untuk bergabung dalam beberapa kegiatan atau aksi sosial. Ini berarti menjadi kesempatan bagi kaum kera untuk memperluas jejaring atau networking, yang kelak pentingbagi karier maupun bisnisnya. Khusus, warga shio kera yang berprofesi di dunia militer juga akan mengalami peningkatan karier di tahun ini.

Keuangan:
Pos pengeluaran shio kera di tahun ini akan didominasi oleh pengeluaran-pengeluaran kecil namun cukup menguras kantong jika tidak dikontrol ketat.

Kesehatan:
Mengenai kesehatan, di tahun ini warga kera banyak berurusan dengan gangguan otot, syaraf, dan liver. Jangan terlalu memforsir diri dalam bekerja, dan jauhkan diri dari kebiasaan minum-minuman keras saat berpesta.

11. Shio Ayam

Hampir mirip dengan shio kelinci, kehidupan warga ayam banyak dihiasi oleh kegembiraan dan hal yang positif. Banyak warga ayam yang akan mendapatkan promosi jabatan, sedangkan mereka yang berada di puncak kepemimpinan, kekuasaannya akan bertambah di tahun ini.

Kelahiran:
9 Feb 2005 – 28 Jan 2006: Ayam Kayu
23 Jan 1993 – 9 Feb 1994: Ayam Air
5 Feb 1981 – 24 Jan 1982: Ayam Logam
17 Feb 1969 – 5 Feb 1970: Ayam Tanah
31 Jan 1957 – 17 Feb 1958: Ayam Api

Karakter:
Kelebihan: Berani, percaya diri, rajin, cerdas, praktis, mudah beradaptasi, tepat waktu,
Kelemahan: angkuh, boros, penasaran, suka membanggakan diri, dan suka menasihati, tapi tak suka dinasihati.

Asmara, rumah tangga:
Tantangan malah datang dari kehidupan rumah tangga. Friksi-friksi yang terjadi dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Keributan ini berawal dari rasa terabaikan yang muncul karena salah satu pasangan terlalu sibuk mengejar karier. Dalam tingkatan yang parah, hal ini dapat bermuara pada proses perceraian. Selain itu, gangguan sakit penyakit juga banyak menimpa anggota keluarga shio ayam di tahun babi ini.

Karier, bisnis:
Karier kaum ayam sangat baik, mudah mendapatkan promasi jabatan. Bantuan untuk memuluskan karier akan datang dari atasan wanita. Mamfaatkan momen yang tepat ini untuk mengembangkan sayap bisnis. Karena yam pebisnis sangat beruntung pada tahun ini, usaha dan kekuasaannya akan meningkat tajam.

Keuangan:
Keuangan ayam sangat baik, bahkan cendrung ada pemasukan tambahan. Namun pengeluaran extra untuk hal-hal yang menyenangkan seperti pesta juga meningkat cukup besar, jadi tetap harus lebih berhati-hati dalam mengatur keseimbangan keuangan.

Kesehatan:
Dalam hal kesehatan, gangguan pencernaan, dan terutama pernafasan akan menguasai kehidupan kaum ayam.

12. Shio Anjing

Kegembiraan, kesenangan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan hiburan akan mengisi kehidupan kaum shio Anjing di tahun babi ini. Namun kehati-hatian harus tetap ditingkatkan. Apalagi dengan adanya pengaruh unsur api dari bintang Huo xing, kaum shio anjing harus lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya bahaya kebakaran. Biasakan untuk teliti mengecek dan memastikan bahwa sambungan listrik maupun kompor di rumah Anda berada dalam kondisi aman sebelum bepergian. Kemungkinan untuk berpindah tempat tinggal atau sering melakukan perjalanan jauh juga akan dialami oleh kaum shio anjing di tahun ini.

Kelahiran:
29 Jan 2006 – 3 Feb 2007:  Anjing Api
10 Feb 1994 – 30 Jan 1995:  Anjing Kayu
25 Jan 1982 – 12 Feb 1983:  Anjing Air
6 Feb 1970 – 26 Jan 1971:  Anjing Logam
18 Feb 1958 – 7 Feb 1959:  Anjing Tanah

Karakter:
Kelebihan: Setia, berani, cerdas, jujur, waspada, dapat diandalkan, cinta damai, menarik,
Kelemahan: mudah cemas, takut ditolak, kurang percaya diri, dan keras kepala.

Asmara, rumah tangga:
Tahun ini merupakan tahun yang menguntungkan bagi kehidupan asmara kaum shio anjing. Si lajang akan segera mendapat jodoh, dan bagi mereka yang siap ke pelaminan prosesnya akan diperlancar. Sementara itu, bagi mereka yang telah berumur, kediamannya akan disemarakkan oleh kehadiran cucu-cucu baru!

Karier, bisnis:
Secara garis besar, kehidupan karier shio anjing cukup positif, terutama bagi mereka yang pekerjaannya memiliki hubungan dengan nilai-nilai kontrak, atau kerjasama dengan pihak luar negeri. Mereka yang berprofesi di bidang hukum juga akan mengalami perkembangan karier yang baik. Sedangkan mereka yang berprofesi sebagai pembicara agama, akan banyak mendapat undangan untuk berdakwah.

Keuangan:
Di sector keuangan, pengaruh bintang Tien Tong dan Hua lu membawa pengaruh boros uang bagi mereka yang telah memiliki penghasilan tetap. Pasalnya, banyak pos keuangan mereka yang akan terpakai untuk hal-hal yang bersifat hiburan. Hal ini memang tidak salah, namun jika dilakukan dalam porsi yang berlebihan dapat mendatangkan kerugian dibelakang hari. Agar tidak lebih besar pasak daripada tiang, tahun ini Anda perlu bersikap lebih bijaksana dan berhati-hati dalam mengelola keuangan.

Kesehatan:
Di tahun ini, kaum shio anjing memang akan sering mendapat undangan pesta. Namun jagalah agar jangan sampai terlarut dalam minum-minuman keras. Waspadai juga penyakit yang berhubungan dengan pernafasan Anda!

Sekedar informasi bagi kaum Buddhis, umat Tridharma atau yang masih memegang tradisi tahun baru imlek.

Tahun baru imlek jatuh pada hari minggu tanggal 18 Febuari 2007.
Doa pergantian tahun dapat dilakukan pada hari tersebut :
Jam tikus (00:00 – 01:00).
Jam macan (03:00 – 05:00).
Jam kelinci (05:00 – 07:00).
Duta keberuntungan berada di Tenggara.
Duta kebahagiaan berada di Timur.

Kegiatan kunjungan dapat dilakukan pada :
Jam Naga (07:00 – 09:00).
Jam Kuda (11:00 – 13:00).



Categories: Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: