PELAKU BUNUH DIRI

Minggu lalu, Metro TV, bagian program Mandarin atau yang biasanya disebut Metro Xinwen mengangkat tema ‘Banyaknya kasus bunuh diri di akhir tahun 2009’ dan Xiangyi menjadi salah satu nara sumbernya. Bagi Xiangyi, itu suatu yang wajar. Karena Indonesia terletak di atas Khatulistiwa, dimana selalu berdampingan dengan Matahari, karena itu memiliki iklim yang panas. Jadi elemen yang bisa mewakili wilayah Indonesia adalah Api. Nah, tahun 2009 adalah tahun Kerbau, dimana kerbau yang selalu bermain di lumpur itu memiliki elemen Tanah berair, atau lumpur. Api akan mudah padam jika bertemu dengan lumpur. Dalam kehidupan manusia, api adalah pikiran, semangat hidup, emosi, optimistis dan lainnya, ketika api meredup bahkan padam, dapat diketahui saat itu semangat hidup manusia berada pada titik terendah, penuh pesimistis, itulah yang menyebabkan orang-orang mudah yang memiliki problem mudah berpikiran pendek dengan menempuh jalan bunuh diri.

Di sini Xiangyi akan mengangkat Hasta Aksara salah seorang pelaku bunuh diri untuk kita pelajari bersama. Xiangyi sengaja tidak menyebut namanya, yang jelas ia seorang wanita yang terjun dari lantai 5 sebuah Mall super modern baru di bilangan Thamrin. Hasta Aksara (format Selatan) nya adalah sebagai berikut :


Ia lahir di Palembang, Sumatera Selatan. Keluarganya mampu menyekolahkannya ke Australia. Namun sayang sekali, kecintaan keluarga yang besar kepadanya, malah dibalasnya dengan melakukan bunuh diri. Tanggal lahir tersebut Xiangyi dapat dari sumber yang bisa dipercaya. Dari tanggal lahir tersebut, kita bisa memperoleh sebuah gambaran, bahwa ia memang seorang yang pendiam dan cenderung pesimistis, bahkan mamanya yang menemaninya ke Mall dan sempat menyaksikan dirinya terjun bebas tidak mengetahui penyebabnya.

Elemen dirinya adalah Tanah kecil Ji. Tanah Ji memiliki akar pada cabang bumi pilar tahun (Kerbau) dan energi Lu pada cabang pilar bumi waktu (Kuda). Sayang sekali kedua pilar itu saling berinteraksi dan saling merugikan. Kerbau menusuk (Chuan) dan merusak Kuda. Elemen api Kuda berada pada pilar yang mewakili bagian kepala. Api adalah budaya, semangat, emosi, pikiran dan lainnya. Api rusak berarti terdapat kelemahan mendasar pada sisi tersebut, karena itu tidak heran jika ia seorang yang pesimistis. Sebaliknya Kuda menusuk Kerbau (Chuan) dan merusak Kerbau. Elemen tanah kerbau di sini sama dengan elemen diri, karena itu disebut akar dari elemen diri. Akar yang rusak dalam sistem dasar Hasta Aksara membuat daya hidup dirinya lebih lemah dari orang-orang pada umumnya. Tahun 2009 ini adalah tahun Kerbau, ini menunjukkan kehadiran Kerbau pada tahun yang juga sebagai info dimana Kerbau dan Kuda akan saling merusak. Karena itulah prilaku mengakhiri hidupnya sendiri itu terjadi. Secara kebelutan, Api yang padam dalam sistem Hasta Aksara seiring dengan prilaku elemen umun di bumi Persada kita. Sama-sama Api padam oleh Tanah lumpur Kerbau.

Xiangyi tidak berani mengatakan seseorang akan tutup usia jika bertemu dengan informasi serupa (karena perihal usia berada di tangan Tuhan), tetapi yang pasti, sesuatu yang tidak menguntungkan akan terjadi pada orang tersebut. Termasuk melakukan hal yang nekat dan prilaku di luar nalar sehat.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: