Nelson Mandela

 Nelson Mandela
Pada tanggal 5 Desember 2013 yang baru berlalu, telah pergi seorang ‘dewa’ bagi masyarakat Afrika Selatan yang membebaskan mereka dari pemerintahan kulit putih. Nelson Rolihlahla Mandela telah meninggalkan dunia selamanya di Johannesburg, Afrika Selatan dalam usia 95 tahun.Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan. Tempat tersebut berada pada 31o LS dan 28o BT, jadi harus memakai metode Selatan baru bisa menerangkan Hasta Aksaranya dengan baik. Beliau lahir pada tanggal 18 Juli 1918, pukul 14:54 menjelang sore di sana. Hasta Aksara Selatannya sebagai berikut :

Nelson Mandela Chart

Nelson lahir dengan elemen diri Api besar, ia mengobarkan bara api revolusi anti apartheid (sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990) dan berhasil menumbangkannya, kemudian melalui pemilihan umum, resmi menjadi Presiden Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh dalam pemilu multiras. Sungguh sebuah legenda hidup yang luar biasa.

Namun demikian, tidak mudah bagi Nelson meraih kursi tersebut. Nelson harus membayarnya dengan perjuangan panjang dan hidup dalam penjara selama hampir 28 tahun, yaitu dari tahun 1962 hingga 1990. Waktunya di kursi presiden Afrika Selatan juga tidak lama, hanya 5 tahun dari 1994 hingga 1999. Ia menolak mencalonkan diri untuk ke dua kalinya dan digantikan oleh wakilnya, Thabo Mbeki. Mandela kemudian menjadi negarawan ulung yang berfokus pada aktivitas amal demi memberantas kemiskinan dan HIV/AIDS melalui Nelson Mandela Foundation hingga pensiun dari segala kesibukan tahun 2004.

Sungguh tidak muda Nelson mencapai kesuksesannya, hal ini dengan jelas dapat diterangkan melalui Hasta Aksaranya, tentu saja harus dengan format Selatan, jika lahir di Utara Khatulistiwa, informasi Hasta Aksaranya menjadi orang yang sama sekali tidak berguna, alasannya Api besar (丙) suka pada periode hidup logam (申酉), air (壬癸) dan tanah lembab (辰丑), tidak suka pada periode kayu (寅卯), api (巳午) dan tanah kering (未戌).

Keberuntungan Nelson Mandela terletak pada huruf Kerbau (Chou/巳) di pilar bulannya. Kerbau sebagai gudang Logam, membuat dirinya bebas dan berjaya pada periode periode hidup Logam (申dan酉). Kita mulai dari periode hidup Ular. Ular memiliki elemen Api, merupakan periode yang tidak disukainya.

Kerja Hasta Aksara Nelson terletak pada interaksi Kambing menabrak Kerbau, terutama Kuda menusuk Kerbau yang menghasilkan energi hidup paling besar. Kemunculan Ular langsung memberikan perlindungan pada Kerbau dengan interaksi Banhe (半合) -nya. Pada saat yang sama, Ular juga beraliansi dengan Kuda dan Kambing membentuk (三會) energi Api yang sangat besar (火局). Akibat dari interaksi ini, Macan (寅) yang didalamnya mengandung unsur Diri (比) dan kebebasan (食) terkurun di dalam gudang Kambing (未) dan tidak bisa keluar dalam waktu yang lama.

Periode hidup Ular berkisar dari 1959 – 1963, Nelson memimpin kampanye pengeboman terhadap target-target pemerintah pada 1961. Ketika Macan muncul pada tahun 1962 (壬寅), kebebasan diri langsung terkurung (masuk) gudang Kambing (penjara), ia ditangkap dengan tuduhan sabotase dan bersekongkol menggulingkan pemerintah, untuk itu harus menerima hukuman kurungan seumur hidup dari keputusan pengadilan Rivonia.

Sejak itu Nelson hidup dalam kegelapan pajang penjara, mulai dari penjara di pulau Robben, penjara Pollsmoor dan penjara Victor Vester. Kampanye internasional yang menuntut pembebasannya membuat Mandela dibebaskan pada tahun 1990. Saat itu, periode hidupnya telah masuk periode hidup Monyet yang mewakili Logam besar Shen (申, 1989 – 1993). Shen dan Geng (庚) keduanya Logam besar. Tahun Kuda logam 1990 (庚午) adalah saat kemunculan logam besar (Geng) di tahun untuk dirinya, karena itu dirinya bisa menikmati kebebasan pada tahun tersebut, jadi bukan sesuatu yang kebetulan.

Interaksi Chuan antara Kuda dan Kerbau pada bagan dasar Hasta Aksara Nelson sesungguhnya adalah interaksi antara Logam kecil yang ada di dalam Kerbau dan Api kecil dari Kuda. Ini informasi sangat penting dalam Hasta Aksaranya. Pada periode hidup Ayam api (丁酉, 1994 – 2003), Ding adalah Api kecil dan Ayam memiliki elemen Logam kecil, informasi ini sama persis dengan apa yang terdapat pada bagan dasar Hasta Aksaranya, dengan kata lain, inilah periode terbaik dalam hidupnya.

Tahun Anjing kayu 1994, Api kecil Ding di dalam Anjing berinteraksi dengan Logam kecil Xin di dalam Kerbau, inilah tahun menentukan bagi dirinya. Nelson memenangkan pemilihan secara mutlak dan dilantik sebagai Presiden Afrika Selatan pada tanggal 10 Mei 1994 di Pretoria. Berbeda dengan presiden-presiden lain pada umumnya, Nelson menolak untuk dicalonkan kembali pada tahun 1999, hal ini juga bukan kebetulan, karena dapat dijelaskan dengan baik dari Hasta Aksara Selatannya.

1999 adalah tahun Kelinci tanah (己卯), Kelinci melumpuhkan Kuda dengan interaksi Po (破), pada saat yang sama juga menabrak (沖) dan menjauhkan Ayam dengan Kuda agar interaksi keduanya menjadi tidak lagi efektif, itulah sebabnya tidak melanjutkan kekuasaannya. Dengan kata lain, sekalipun mencalonkan diri, akan ada sebab yang membuat dirinya kalah dalam pemilihan berikutnya, atau sekalipun terpilih, ia akan mendapatkan hambatan luar biasa hingga jatuh dari kursinya.

Nelson memiliki pandangan jauh ke depan dan bisa mengendalikan diri untuk mundur dari pencalonan, itulah kecerdasan luar biasa yang tidak dimiliki orang lainnya. Sekalipun tidak menjadi presiden Afrika Selatan, ia tetap bisa dan bahkan lebih bebas bergerak memperjuangkan kemanusiaan dalam skup yang jauh lebih besar. Ia memang pantas menerima Nobel perdamaian dan berbagai penghargaan kemanusiaan dari para pimpinan dunia.

Pada periode hidup Anjing kayu (甲戌, 2004 – 2013), Anjing adalah gudang Api, inilah periode akhir kehidupannya karena saatnya jika Api besar muncul pada tahun, dirinya akan masuk ke dalam gudang dan terkubur untuk selamanya. Pada tahun Monyet kayu 2004 (甲申), Monyet menabrak Macan pada bagan dasar Hasta Aksara, kesehatan dirinya terganggu semakin serius, ia mengumumkan untuk “pensiun dari masa pensiun” dan menarik diri dari kehidupan publik seraya mengatakan “Jangan panggil aku, aku yang akan memanggilmu.” Meski terus bertemu teman dekat dan keluarga, Foundation terus menolak undangan agar Mandela tampil di acara-acara publik dan menolak sebagian besar permintaan wawancara.

Tahun Ular air 2013, Api besar diwakili Ular dan muncul pada tahun, inilah tahun kepulangnya ke Keabadian. Ia meninggal pada tanggal 5 Desember 2013, perlu dicatat hari itu memiliki pilar hari Ular kayu (乙巳), api besar kembali muncul pada hari dan bersama dirinya masuk gudang Anjing. Kerbau yang di bagan mendapat Chuan dan Chong, mendapat serangan Xing lagi pada periode hidup Anjing, Kerbau telah hancur bersama logamnya. Logam mewakili organ paru-paru (pernafasan) pada tubuh manusia. Nelson mandera meninggal akibat sakit paru-paru, setelah menjalankan perawatan serius selama 3 bulan, akhirnya tetap tidak bisa mempertahankan hidupnya.

 

Xiangyi

Xiangyi



Categories: Ba Zi

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: