MOCHTAR RIADY

 

Mochtar Riady adalah seorang pengusaha Indonesi terkemuka, pendiri dan presiden komisaris dari Grup Lippo. Putranya, James Riady adalah wakil ketua umum Grup Lippo. Ia seorang konglomerat yang visioner, pandangannya yang jauh ke depan dan sarat dengan filosofi menjadi panutan banyak para pengusaha dan para pelaku pasar. Ia lahir pada tanggal 12 Mei 1929 di kota Malang, Jawa Timur.

Hasta Aksaranya adalah :

Ini sebuah tanggal lahir amat bagus. Elemen diri aalah air kecil Gui. Dibawahnya duduk sebuat cabang bumi kerbau Chou. Kerbau ini memiliki peran sangat besar dalam tanggal lahir tersebut. Ia bersama dua buah batang langit tanah Ji membentuk sebuah kekuatan berdaya kordinasi tinggi. Salah satu batang langit Ji duduk di atas cabang bumi Ular Si. Kekuatan yang dibawah Ular adalah Cai atau keuangan. Jadi ia memiliki kemampuan sangat tinggi dalam mengordinasi dan memperdayakan keuangan. Ular lalu berinteraksi dengan Kerbau. Kerbau sendiri adalah gudang uang atau Bank. Jadi ia memang dilahirkan sebagai seorang bankir yang handal.

Keinginannya untuk menjadi bankir telah lahir sejak ia berusia 10 tahun. Hal itu disebabkan karena setiap hari ketika berangkat sekolah, dia selalu melewati sebuah gedung megah yang merupakan kantor dari Nederlandsche Handels Bank (NHB) dan melihat para pegawai bank yang berpakaian perlente dan kelihatan sibuk.

Dalam tanggal lahir itu juda terdapat dua buah cabang bumi babi Hai. Hai berelemen air, merupakan eksistensi elemen diri, yaitu air Gui di cabang bumi. Yang satu mewakili dirinya, yang satunya lagi adalah patnernya yang mengandeng dan membesarkan dirinya di dunia perbankan. Anda tentu tahu, orang tersebut adalah konglomerat Indonesia yang lain, yaitu Sudono Salim. Mochtar Riady mendirikan Lippo Group setelah berhasil mengelola dan mengembangkan bank BCA milik Sudono Salim pada saat itu.

Banyak cerita bisa dibaca dari tanggal lahir ini. Seperti ketika periode Ayam ia sempat mendekam dipenjarah penjajah. Ia memulai karirnya dari sebuah kesempatan tak terduga pada periode hidup Api Bing (1949 – 1953), kemudian bergabung dengan Sudono Saling pada periode hidup Kuda Wu (1974 – 1978), lalu mendirikan Lippo Grup pada periode hidup Ular Si (1984 – 1988), semuanya dilakukan pada periode hidup yang berhubungan dengan elemen api. Kini putranya James Riady telah membagi beban kegiatan bisnisnya, dan periode hidupnya telah memasuki Macan Logam (2010 – 2019), tidak peduli apa yang terjadi pada dirinya, dibawah pimpinan putranya, bisnisnya akan memasuki dimensi baru dalam lima tahun ke depan.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: