MICHAEL GERARD TYSON

 

Mike Tyson, raja tinju era 86 – 90 ini kita lebih mengenalnya dengan sebutan Si Leher Beton. Ia lahir di wilayah miskin New York City pada tanggal 30 Juni 1966. Tyson kecil keluar masuk penjara anak-anak dan dikeluarkan dari sekolah. Potensinya terlacak oleh pelatih tinju terkenal Cus D’Amato dan ditarik keluar dari sekolah anak nakal untuk berlatih tinju. Tyson terkenal dengan kebringasannya di dalam ring dan perangainya yang buruk di luar ring. Bila tanggal lahir ini kita ubah ke dalam Hasta Aksara, susunannya sebagai berikut :Elemen dirinya Logam Besar, memang sesuai dengan sifatnya yang brutal, kasar dan pembangkang, sangat cocok sebagai seorang petarung. Tanggal lahirnya menunjukkan pertarungan antara elemen Api dan Logam, yang dihubungan lewat interaksi Chong antara Macan dan Monyet. Itu berarti, ketika berada pada Dekade hidup Monyet (1982 – 1986), jika bertemu dengan tahun Macan, kehebatan dirinya akan terakselerasi. Mike Tyson terjun ke profesional pertama kali pada 1985, bertanding 15 kali, seluruhnya dimenangkan dengan KO. Pada tahun 1986, prestasinya mulai menarik perhatian media massa dan menjadi berhasil menjadi juara kelas berat dunia versi WBC pada usia hanya 20 tahun, mencatatkan rekor termuda dunia. Tahun 1986 adalah tahun Macan.

Indikator jalan hidupnya kemudian berpindah ke dekade Ayam Api – Ding You (1987 – 1996). Selama berada pada Api Ding, kekuatan terjaga baik. Sejak 1986 hingga 1989, ia mencatatkan prestasi sangat spektakuler, selalu menang KO pada ronde awal. Sayang sekali Ayam tidak menguntungkan Kuda (Po), interaksi keduanya membuat kekuatan Api sebagai senjata bagi dirinya (Logam) hilang dan menyebabkan karirnya dan kehidupannya bablas berantakkan. Tyson si leher Beton yang tak terkalahkan secara tak terduga di KO kan oleh James ‘Buster’ Douglas ronde ke 10 tanggal 11 Febuari 1990, dan tahun itu adalah tahun Kuda, saatnya Kuda berhadapan dengan Ayam dari Dekade hidup. Itulah titik awal kejatuhannya. Ayam tidak hanya membuat karirnya jatuh, tetapi juga membuat hidupnya menjadi kacau balau. Tyson berhadapan dengan tuduhan perkosaan dari Miss Black America Desiree Washington, menyebabkan ia dipenjarah selama 3 tahun.

Dekade hidup berikutnya Anjing Tanah – Wu Xu. Anjing adalah gudang Api. Ke dua Kuda yang berelemen Api akan masuk gudang dan menyebabkan Tyson hilang segala-galanya. Ketika tahun Kuda kembali muncul di 2002, kesialan tidak bisa dihindarinya, maka pada Agustus tahun berikutnya, yaitu tahun 2003, secara resmi Tyson dinyatakan bangkrut, kabarnya jumlah uang dalam rekening banknya hanya tinggal 5.000 dollars. Dan hingga saat ini, Tyson tidak pernah benar-benar bangkit kembali. Untung saja Dekade Tanah Ji (2007 – 2011) agak bersahabat baginya, tetapi setelah itu kembali harus bersahaja, jika tidak ingin hidupnya menjadi lebih buruk.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: