JACOB OETAMA

 

Dr (HC) Jacob Oetama adalah seorang jurnalis luar biasa. Beliau adalah pendiri dan Presdir Kelompok Kompas-Gramedia, kelompok penerbit terbesar yang sulit tertadingi di Indonesia saat ini. Memulai karirnya sebagai guru SMP, dengan modal pengalaman sebagai redaktur di bacaan Mingguan Penabur sejak 1955, Jacob Oetama dipercaya menjadi Pemimpin Redaksi Intisari, yang meniru pola Reader’s Digest 1963. Dua tahun kemudian (1965), Jacob bersama Ojong mendirikan harian Kompas, dan dikelolanya hingga kini. Beliau juga sangat memperhatikan pengembangan Multimedia, kini telah memiliki Universitas Multimedia Nusantara. Selain mengembangkan media On-line, kini juga telah memiliki TV Kompas.Jacob Oetama lahir di Borobudur, Magelang, 27 September 1931. Tanggal lahir tersebut mejadikan kombinasi Hasta Aksara yang baik. Kecuali lahir pada satuan jam Macan, Kelinci, Naga (03 – 09), Kambing (13 – 15) dan Anjing (19 – 21), kombinasi Hasta Aksara memenuhi persyaratan cukup OK. Salah satu kombinasi sangat baik adalah jika lahir pada satuan jam Babi (21 – 23). Selain itu, lahir jam Tikus, Kerbau (00 – 03), Monyet dan Ayam (15 – 17) juga sangat baik. Karena Beliau bergerak di pres, kita gunakan jam Babi dalam pembahasan ini. Susunan Hasta Aksaranya sebagai berikut, tentu saja dalam Format Selatan :

Diri Jacob diwakili Kayu kecil Yi, yang memiliki akar pada Kambing, Kelinci dan Babi yang membentuk kombinasi elemen Kayu sangat kuat. Kayu kecil adalah kertas, Ayam yang berada di bawah Diri dapat dipandang sebagai gagang pena, sedangkan Babi yang memiliki sifat air adalah tinta, itulah sebabnya Beliau lahir sebagai Jurnalis hebat. Sistem membentuk kombinasi Kayu sangat kuat dan mengambil logam sebagai elemen penting, membuat dirinya memiliki persyaratan sebagai seorang ‘Kaya Raya’. Ketika Dekade berinteraksi dengan Kambing, kesempatan berkarya terbuka dan kemampuan diri terpakai, sementara itu jika berada pada Dekade Logam, kekayaan materi terus akan bertumpuk.

Kerbau berinteraksi Chong dengan Kambing, Dekade Kerbau Kayu (1947 – 1956) merupakan awal Jacob menunjukkan diri dalam karya. Tahun 1955 adalah tahun Kambing, Ia mulai menangani bacaan Mingguan Penabur. Tikus berinteraksi Chuan dengan Kambing, Dekade Tikus (1957 – 1966) kehidupan mulai baik dan mesin penghasil uang didirikan (Tikus adalah perusahaan). Tahun Kelinci 1963 menangani Intisari (elemen Kelinci Kayu) dan tahun Ular Kayu 1965, Kayu Yi adalah diri, karena itu ia mendirikan Kompas yang kemudian menyatu dengan nafas dirinya. Hingga Dekade Kambing (2005), setiap Dekade selalu berinteraksi baik dengan Kambing, sementara itu kini telah masuk Dekade Monyet Tanah, dimana Tanah Wu satu nafas dengan Api Bing yang berinteraksi langsung dengan Logam Xin di atas Kambing, jadi setiap Dekade selalu menguntungkan, karena itu tidak heran usaha kelompok Kompas-Gramedia bisa berkembang menjadi yang terhebat dalam bidangnya.

Kayu mengendalikan Logam, Kayu adalah Liver (hati) dan Logam mewakili paru-paru, kedua organ ini perlu diperhatikan Jacob. Tahun Kelinci Logam 2011 membuat kedua elemen itu timbul ke permukaan, dua tahun ini (2011 dan 2012) perlu menjaga kesehatan, demikian juga tahun 2015 – 2018.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: