MARI ELKA PANGESTU

 

Mari Elka Pangestu adalah Menteri Perdagangan Indonesia sejak 21 Oktober 2004. Ia adalah wanita Tionghoa-Indonesia pertama yang memegang jabatan sebagai menteri di Indonesia.

Nama Tionghuanya adalah Feng Hui Lan. Anak dari ekonom terkenal Indonesia, J. Panglaykim ini lahir di Jakarta pada tanggal 23 Oktober 1956. Hasta Aksara versi Selatannya adalah seperti di bawah ini :

Elemen diri Mari adalah Air kecil Gui. Gui berinteraksi dengan Tanah besar Wu yang berada di pilar bulan, membuat ia memiliki otak yang cerdas dan bisa menikmati pendidikan tinggi.

Ia menikmati sekolah dasar dan menengah di Singapura dan menyelesaikan pendidikan SMA sampai mendapat gelar Master of Arts di Australia. Ia meraih gelar MA dalam bidang Microeconomics, Macroeconomics, International Trade, Economic Development & Accounting dari Australian National University, Canberra (1980) dengan judul disertasi “Direct Foreign Investment in the ASEAN Countries”. Sementara gelar Ph.D. diperolehnya dalam bidang International Trade, Finance & Monetary Economics dari Universitiy of California, Davis (1986) dengan judul disertasi “The Effect of Oil Shocks on a Small Oil Exporting Country: The Case of Indonesia”.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Mari Pangestu telah lama aktif dalam berbagai forum perdagangan seperti PECC. Ia juga salah seorang peneliti ekonomi terpandang di Indonesia. Ia pernah aktif mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selain itu ia juga adalah seorang ekonom dari CSIS.

Ia seorang ekonom yang telah menjadi pembicara laris bukan hanya di Indonesia tapi juga di berbagai belahan dunia lainnya. Namanya sudah tidak asing bagi media berkelas dunia. Sering menjadi nara sumber bagi Time, CNN, Asiaweek dan lain-lain. Bahkan ia sering dimintai masukan oleh berbagai lembaga keuangan dunia seperi World Bank, IMF dan ADB. Sudah sangat banyak tulisan karyanya yang dipublikasikan berbagai media di dalam maupun luar negeri. Ia juga menjadi kontributor pada banyak buku. Atas berbagai prestasinya, ia telah menerima beberapa penghargaan, antara lain dari Australian National University Masters Scholarship (1979-1980), dari University of California Regents Fellowships (1983-1984), dan dari Eisenhower Exchange Fellow, Individual National Program (1990).

Pilar diri adalah Babi air Gui Hai. Pilar kehidupan tersebut muncul pada tahun 2000 – 2009. Artinya ia akan eksis pada periode tersebut. Pada tanggal 21 Oktober 2004 ia di angkat menjabat Menteri Perdagangan oleh Presiden Yudhoyono dalam Kabinet Indonesia bersatu. Setelah jabatan tersebut berakhir pada tanggal 22 Oktober 2009, ia kembali diangkat menempati jabatan yang sama mulai Oktober 2009. hal ini dikarenakan pilar kehidupannya pada 2010 – 2014 adalah Air besar Ren. Ren ini merupakan bentuk lain Hai (babi) di batang langit, jadi tetap eksis. Babi Hai berinteraksi dan terikat dengan Macan Yin pada tahun 2010, karena itu ia mendapat banyak tekanan dalam tugasnya, terutama menyangkut perdagangan bebas Asean- China. Hal sama akan berlanjut pada tahun 2011, dan tahun 2012 akan kembali normal. Dari Hasta Aksaranya dapat diketahui, ia paling takut pada Anjing.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: