IP MAN

Film IP Man telah mengegerkan pecinta perfilman dunia, bahkan dalam 1 tahun telah terbit 3 serial dan sama larisnya. IP Man adalah seorang master kungfu Yong Chun hebat. Kungfu China yang bisa bersanding dengan ilmu pernafasan Taichi hanya Yong Chun, tidak ada lagi yang setenar itu. Dan orang yang telah mempopulerkan kungfu itu adalah IP Man. Bruce Lee adalah salah satu muridnya yang memiliki pengaruh besar dalam memperkenalkan kungfu kepada dunia. Hanya sayang, Tuhan terlalu muda memanggil dirinya.

Riwayat resminya dari pemerintah Hongkong mencatat, IP Man lahir pada 1 Oktober 1893 dan meninggal pada 2 Desember 1972. Akan tetapi, sebuah sumber terpacaya mencatat, IP Man lahir pada tanggal 12 Oktober 1901, setelah dipelajari, Xiangyi yakin, tanggal tersebut benar. Hasta Aksaranya sebagai berikut :

Elemen diri air kecil, bersifat tenang menghanyutkan. Biasanya seorang yang menguasai kungfu, memiliki sifat lehih pemarah, namun IP Man selalu tenang dan rendah hati. Tidak pernah menjagokan diri. Ia lahir di keluarga kaya raya (Sektor orang tuanya ditempati cabang bumi Anjing, mengandung api yang disukainya). Rumah orang tuanya sangat besar, dan menyewakan sepojok kepada seorang guru kungfu mengajar muridnya. Karena saat kecil berbadan lemah dan sering sakit, ketika IP Man meminta kepada mamanya untuk turut belajar kungfu, mamanya menginzinkan. Saat itu IP Man baru berusia 5 tahun.

Tahun 1911, kondisi politik di China labil. Ia dikirim bersekolah ke Hongkong. Beberapa pelajar bule berbadan gede sering menganggu pelajar local (Asia) yang lebih lemah, IP Man remaja kebetulan berbadan kurus dan kecil, maka ia menjadi sasaran gangguan. IP Man tentu tidak diam, ia membela diri dengan kungfu yang pernah dipelajarinya, tentu saja palajar-pelajar bule tersebut lari tunggang langgang. Pelajar bule dari luar yang pernah belajar tinju, karate dan lainnya pun dipanggil untuk membalas dendam, tetapi tetap saja kalah total. Secara tidak sengaja, nama IP Man pun popular dengan kungfunya. Hal ini menarik perhatian paman seperguruannya yang lalu menurunkan semua ilmu kepadanya.

Saat Jepang menduduki kampungnya dan merebut paksa rumah ortunya yang besar untuk dijadikan markas tentara. IP Man telah tamat sekolah dan lama kembali ke kampungnya. Ia pun bergabung dengan pembela Negara lainya. 1949 IP Man kembali ke Hongkong. Hartanya tentu telah habis oleh tentara Jepang, dan jatuh susah. Ia mulai mengajar kungfu untuk nafkah. Bruce Lee dan seorang actor laga lainya bergabung pada saat itu. Hal ini disebabkan elemen diri Gui bergabung dengan batang langit Wu, karena itu sesua dengan hokum khusu Hasta Aksara, ia tidak boleh bertemu lagi dengan Naga. Kebetulan saat itu masuk ke dalam periode naga. Itulah sebabnya kurang baik. Siapa sangka, tindakkan ini telah mempopulerkan kungfu Yong Chun kepada dunia.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: