Hasta Aksara Chrisye

 

Tentu anda masih ingat nama besar Chrisye. Penyanyi Pop Indonesia yang memiliki nama besar. Paling tidak, kita akan selalu mengingat lagi “Lilin-lilin kecil”, karena lagu itulah yang membumbungkan nama besarnya. Lagu-lagu lain yang membesarkan namanya adalah “Badai Pasti Berlalu”, “Aku Cinta Dia”, “Hip Hip Hura”, “Nona Lisa”, dan “Pergilah Kasih”.

Chrisye memiliki nama asli Chrismansyah Rahadi. Lahir di Jakarta pada tanggal 19 September 1949. Karir musiknya sudah dirintisnya sejak tahun 1960 an. Merupakan salah satu penyanyi paling populer Indonesia yang mampu bertahan selam empat decade. Musisi hebat yang pernah berkolaborasi dengannya antara lain Guruh Soekarno Putra, Eros Jarot, James F. Sundah dan masih banyak lagi.

Chrisye mulai bermusik ketika bergabung dengan band sabda Bada pada 1968, kemudian sebagai bassist di band Gipsy. Chrisye memulai solo karirnya dan menjulang lewat lagu “Lilin-lilin Kecil” pada 1977. Tahun 1995 Chrisye memperoleh BASF Legend Award atas pengabdiannya terhadap musik Indonesia selama ini. Pada tahun 2002, ia meluncurkan album Dekade di mana dia menyanyikan kembali sejumlah lagu lama. Pengemar musik Indonesia terkejut, ketika tersiar berita Chirsye menderita kanker paru-paru. Sejak 31 Juli 2005 ia dirawat di Singapore. Penyakitnya itu kemudian merengut nyawanya pada tanggal 30 Maret 2007. Chirsye meninggalkan seorang istri, Damayanti Noor yang dinikahinya pada 12 Desember 1982, dan 2 pasang anak diperoleh sebagai buah dari pernikahan tersebut.

Hasta aksara cakram selatan Chrisye adalah sebagai berikut :

dan Priode hidupnya adalah sebagai berikut :

Elemen diri Chirsye adalah Tanah kecil Ji. Cabang bumi pilar diri adalah Ayam You. Ayam berelemen logam, dan Kerbau merupakan gudang logam. Ayam berinteraksi dengan Kerbau Chou yang ada di cabang bumi pilar tahun. Interkasi keduanya mengundang cabang bumi lain, yaitu Ular Si. Ketiganya (Ular, Ayam dan Kerbau) membentuk elemen logam yang kuat, dengan kata lain, pekerjaannya akan berhubungan dengan logam, misalnya perbankan, atau yang lainya. Pekerjaan yang berhubungan dengan suara adalah logam, jadi kalau Chrisye menjadi sorang penyanyi, itu memang sesuai dengan tanggal lahirnya.

Ia memulai karirnya di musik pada priode Kerbau (1966 – 1970) dan lagu yang mempupulerkan dirinya dengan solo karir jatuh pada tahun Ular (1977), semuanya memang sudah sesuai dengan perjalanan hidupnya. Tahun pernikahannya juga sesuai, yaitu jatuh pada tahun Anjing 1982. Penjelasannya begini, Tahun Anjing tersebut berada pada pilar hidup Babi tanah (1981 – 1990). Ayam adalah sektor istri dan Babi adalah bintang istri. Interaksi pengabungan akan terjadi antara Ayam, babi dan anjing, sehingga membentuk ikatan logam kuat masuk ke dalam sektor istrinya. Ia menikah pada tahun Anjing 1982, karena pada tahun tersebut, sektor istri dan bintang istri terikat Anjing membentuk ikatan yang kuat. Saat mendapat penghargaan BASF Legend Award berada pada priode Anjing (1991 – 1999), pada tahun Babi (1995). Juga terjadi ikatan yang sama antara Ayam, Anjing dan Babi.

Semua kejadian penting dalam hidupnya selalu berhubungan dengan Ayam yang berelemen logam, dapat diketahui betapa pentingnya logam dalam hidupnya. Logam itu tidak boleh di ganggu, jika terganggu, bahkan bisa membahayakan jiwanya. Nah, pada tahun 2001, pilar hidupnya memasuki Ayam api Dingyou. Ayam berelemen logam, kombinasinya dengan api Ding secara langsung telah membakar dirinya, jadi dapat diketahui akan terjadi sesuatu yang tidak menguntungkan bagi diri Chrisye.

Logam yang diwakili Ayam telah dirusak api. Logam (kecil) di dalam tubuh manusia adalah system pernafasan, termasuk paru-paru. Artinya dalam periode hidup ini, kemungkinan paru-parunya rusak sangat besar. Tahun 2005 adalah tahun Ayam. Ayam yang dimunculkan tahun langsung tersambar api dari priode hidup, akibatnya pada tanggal 31 Juli tahun tersebut terdeteksi kanker paru-paru, hal ini memang sesuai dengan informasi dalam tanggal lahirnya. Anjing muncul kembali pada tahun 2007, karena batang langit tahun tersebut adalah Api Ding. Itulah sebabnya ia tidak dapat meloloskan diri dari serangan maut tersebut. Chrisye meninggal dunia karena kanker tersebut pada tanggal 30 Maret 2007.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: