Fengshui dan Kristal

Orang timur pada umumnya lebih menyukai batu-batuan seperti batu giok dan lainnya, sedangkan orang barat lebih mengagumi kristal, angin budaya barat yang menyebar dengan cepat menyebabkan kita ikut-ikutan menjadi pemuja kristal, sementara ada yang menyukai nilai artistik kristal yang indah, dan menganggapnya sekedar sebagai suatu barang pajangan, namun tidak sedikit pula yang percaya, bahwa kristal memiliki fungsi menolak bala, sedangkan orang yang berpikiran lebih logis menyakini, kristal dapat memancarkan energi yang dapat membuat pemetaan energi pada suatu tempat yang tidak seimbang menjadi seimbang dan stabil.

Apakah betul, kristal memiliki fungsi sehebat itu ?, marilah kita membahasnya secara singkat.

Kristal tersusun dari rantai molekul hidrokarbon yang sangat rapat hingga memiliki kebeningan dan daya bias cahaya yang sangat mengagumkan, kerapatan molekul tersebut tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui penggeblengan tungku alam di dalam kedalaman bumi selama ratusan, bahkan ribuan tahun, bersamaan dengan rendaman dan siraman air secara terus-menerus, barulah terbentuk sebuah kristal alam yang indah, karena itu dalam bahasa mandarin, kristal disebut shuijing, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa nasional adalah, suatu hasil sangat penting yang terbentuk dari air.

Sama halnya dengan molekul rapat lainnya, ketika berada di permukaan bumi, perbedaan kerapatan dengan materi lain di sekitarnya menyebabkan kristal memancarkan radiasi agar tercapai keseimbangan sistim dengan lingkungan sekitarnya. Radiasi itulah yang kita sebut sebagai energi, dan biasanya terjadi pada kristal alam.

Kristal alam yang belum dibentuk sering kita jumpai berupa mirip sebuah gua kecil lengkap dengan stalagtit-stalagtit yang runcing-runcing. Apabila kita memasukan telapak tangan kita ke dalam gua kristal, tanpa menyentuh sisi runcing stalagtit, tidak lama kemudian, kita dapat merasa tangan kita seolah-olah menjadi kebal, ini adalah suatu cara pembuktian sederhana adanya pancaran radiasi dari kristal alam.

Apakah hal serupa juga terjadi pada kristal buatan ? Tidak ! Karena kristal buatan memiliki rantai karbon jenuh, sedangkan kristal alam yang terbentuk secara alami dalam tanah telah mengadopsi unsur-unsur lain dalam rantai karbonnya, sehingga menjadi suatu untaian hidrokarbon yang relatif tidak jenuh sempurna, itulah penyebab pancaran radiasi dari kristal alam.

Kalau begitu, apakah kristal buatan tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap lingkungan ? jawabannya adalah tidak, karena keindahan kristal justru terletak pada tekstur bentuk yang sangat bervariatif dan cenderung multi sudut, sehingga dapat menghasilkan efek pantulan cahaya yang maksimal, nah, pemancaran cahaya yang tidak teratur itu adalah semacam gangguan, semacam polusi cahaya yang merusak, karena itu, sekalipun tidak memiliki radiasi energi, ia juga memiliki peran yang cukup menganggu.

Kristal yang baik adalah kristal yang berbentuk bulat sempurna seperti bola kaca yang tidak memiliki tekstur serat dalamnya, karena hanya kristal yang demikian yang sudut pantulan sinarnya teratur dan dapat diperhitungkan.

Karena memiliki radiasi dan pantulan cahaya, kristal jelas dapat mempengaruhi penataan fengshui. Kita selalu mendengar dari penjual kristal, bahwa kristal dapat menyeimbangkan energi dalam sebuah ruang, karena itu ia dapat membuat fengshui suatu tempat menjadi baik. Kita hendaknya tidak terpengaruh improvisasi seperti itu, karena semua tukang koyok (obat untuk bisul) selalu akan mengatakan obat ciptaannyalah yang paling baik dan manjur, itu adalah suatu hal yang wajar adanya.

Kenyataannya adalah radiasi kristal dapat memperkuat efek energi yang bekerja pada suatu tempat, peletakkan yang benar, memang dapat memperkuat pengaruh positifnya, tetapi peletakkan yang tidak pada tempatnya, malah akan membangkitkan pengaruh negatif dari pengaruh fengshui, itulah yang harus dicermati secara serius.

Menempatkan sebuah kristal pada ruangan tertentu, hendaknya kita meminta pertimbangan dari orang yang betul-betul menguasai ilmu fengshui dengan baik, jangan asal taruh, jangan pula hanya mengikuti saran dari penjual kristal begitu saja, karena tidak semua penjual kristal menguasai fengshui dengan baik.

Fengshui memang dapat dipelajari, namun paling tidak kita harus mengelutinya selama tiga tahun ditambah dengan praktek-praktek nyata, barulah dapat memasuki pintu gerbangnya, untuk menjadi seorang yang ahli dibutuhkan jam terbang yang lebih lama lagi, di dunia ini tidak ada sesuatu ilmu yang instant, hari ini belajar, besok langsung menjadi praktisi, hal itu mustahil, hanya orang bermoral rendah yang dapat melakukannya. Bayangkan saja, seorang pedagang yang otaknya penuh dengan perhitungan rugi laba mana ada waktu senggang untuk belajar fengshui dengan baik, kalaupun ada, jumlahnya akan sangat terbatas.

Pernah ada yang membeli sebuah kristal dan meletakkannya di suatu sudut ruang dalam rumahnya, tidak lama kemudian ia merasa apa yang dilakukannya selalu saja ada halangan, bahkan teman-teman sekantor yang tadinya akrab dengannya selalu saja mencari-cari masalah dengannya, dalam waktu hanya tiga bulan, masalah yang dihadapinya sudah menumpuk seperti gunung, akhirnya dia menyerah dan mencari penyelesaian dari segi fengshui.

Setelah diperiksa, ternyata dia meletakkan sebuah kristal alam di tempat yang dinamakan ‘lokasi adu kerbau’ (douniusha). Sesuai dengan namanya, adu kerbau, lokasi tersebut jika dibangkitkan akan menyebabkan terjadinya pertengkaran dan masalah-masalah dalam kehidupan seseorang, adanya kristal telah memperkuat energi jahat adu kerbau tersebut, karena itu tidaklah mengherankan, jika setelah meletakkan kristal pada tempat tersebut, tuan rumahnya menjadi banyak masalah.

Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah, kita tinggal mencari tahu posisi dalam rumah mana yang memiliki energi qi yang baik dan memindahkan kristal tersebut ke tempat itu. Cara ini memang efektif, karena tidak lama kemudian, ketika bertemu dengannya dalam suatu kesempatan, ia mengaku, semua masalah yang menimpanya telah dapat diselesaikan dengan baik, bahkan mendapatkan keuntungan karenanya.

Itu adalah suatu contoh nyata dimana kristal harus ditempatkan pada tempat yang pas, jangan sekali-kali asal taruh, jika peruntungan tanggal lahir anda sedang baik, itu tidak masalah, tetapi jika sedang jelek, akibatnya sudah dapat dibayangkan sebelumnya.



Categories: Fengshui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: