Fengshui dan kesehatan seseorang

Pengaruh fengshui pada kesehatan seseorang sangat nyata, karena itu penataannya harus baik, tidak boleh sembarangan. Ada yang bertanya, adakah fengshui yang sempurna, yang tidak menyebabkan sakit atau efek lainnya ? Jawabnya adalah tidak, semua sistim, tidak peduli sistim yang sebaik apa, pasti terdapat kelebihan dan juga kelemahannya. Persoalannya tinggal bagaimana kita menata, mengaktifkan tempat-tempat yang baik dan mengosongkan tempat-tempat yang kurang baik dari kegiatan penting yang rutin, itulah yang paling benar.

Sebuah tempat yang bagus dengan penataan yang salah, juga akan menimbulkan pengaruh yang buruk, sebaliknya sebuah tempat yang biasa saja, namun penataannya baik, pengaruhinya akan baik pula. Karena itu penataan sangat penting dalam ilmu fengshui. So, fengshui adalah seni menata tempat, definisi seperti ini memang tepat.

Salah satu akibat yang akan timbul dengan penataan tempat yang salah adalah kendala kesehatan, yaitu sakit. Sakit yang disebabkan oleh fengshui pada mulanya tidak jelas, kita merasakan sakit, namun dokter mengatakan tidak, karena tidak dapat menemukan sumber penyakitnya. Lama-kelamaan sakit itu semakin jelas, setelah berproses sekian tahunm ia akan muncul sebagai suatu penyakit yang serius. Dan kemunculan tersebut dapat dihitung dengan jelas.

Indikator yang dipakai untuk mengetahui sakit apa yang diderita oleh seseorang yang menempati penataan tempat yang salah adalah angka Luoshu yang diterjemahkan ke dalam bentuk ‘Gua’. Pada dasarnya, kita dapat merangkumnya sebagai berikut : Trigram Qian menunjukkan sakit di bagian kepala ; trigram Dui adalah problem pernafasan dan paru-paru ; trigram Zhen adalah sakit pada organ hati ; trigram Xun adalah penyakit yang berhubungan dengan syaraf ; trigram Kun sakit dibagian perut ; trigram Gen menunjukkan penyakit pencernaan ; trigram Li adalah sakit jantung dan trigram Kan adalah sakit pada organ ginjal dan sistim exkresi tubuh manusia.

Itu hanyalah indikasi dasar yang dapat kita ketahui, sebab apa yang diwakili oleh sebuah trigram sangat luas, misalnya Dui juga mewakili mulut atau alat kelamin perempuan, Kan juga mewakili kuping atau air liur, Gen juga mewakili hidung atau pinggul, Li juga mewakili mata atau darah dan lainnya. Untuk menguasainya dengan baik, kita harus memiliki landasan pengetahuan ‘Yijing’ yang kuat. Di situlah letak kesulitan dalam prediksi fengshui. Untuk lebih memahaminya, marilah kita melihat beberapa contoh kasus.

Sebuah rumah, menghadap ke selatan 180 derajat (sektor ke dua), di bangun pada priode ke tiga (1904 – 1923), pemiliknya jarang mengunakan pintu utama, biasanya keluar masuk dari bagian belakang, tangga ke lantai atas terletak di sisi pintu belakang pada sektor tengah (Kan), tidak jauh dari sudut kanan belakang bangunan (Qian) terdapat sebuah perempatan jalan, sedangkan bangunan dapur terletak di luar rumah induk di samping pintu utama (Li). Angka Kuanya adalah 4, mengalami stroke pada tahun 1927.

Bangunan priode ke tiga yang menghadap ke Selatan 180 derajat memang kurang menguntungkan orang yang angka kelahirannya 3 atau 4, di tambah lagi beberapa kelemahan yang terdapat di atas, pemiliknya memang sulit terlepas dari efeknya.

Tahun 1927 sudah memasuki priode ke empat (1924 – 1943), angka Luoshu 2 sudah berpengaruh negatif, ia telah berubah menjadi bintang sakit. Pintu belakang dan posisi tangga berada di Kan, tepat dimana bintang sakit berada, karena itu orang yang tinggal dalam bangunan tersebut mudah jatuh sakit, sesungguhnya, sebelum mengalami stroke, ia sudah sakit-sakitan selama dua tahun lebih.

Perempatan penting berada di sektor Qian, bintang hadap di sana adalah angka logam 6, logam menghantam kayu 4, 4 termasuk trigram Xun, penyakitnya ada pada Xun, yaitu sistim syaraf, penyakit stroke adalah penyumbatan pada pembuluh darah halus di otak yang menyebabkan terganggunya beberapa syaraf penting tertentu.

Pada tahun 1927, bintang terbang tahunan satu masuk sektor tengah, bintang jahat angka lima tiba di pintu utama, disana terdapat dapur, api dapur menghidupkan angka lima yang berelemen tanah, membuat kekuatan jahatnya bertambah dhasyat. Angka sakit dua singgah ke perempatan penting, dimana sumber energi Qi berada, pada bulan sembilan imlek, bintang jahat angka lima singgah di pintu masuk belakang, dimana di sena juga terdapat sebuah tangga. Pada bulan tersebutlah sang pemilik terkena serangan stroke. Jadi bukan suatu yang kebetulan belaka.

Kadangkala, tanpa melihat pada angka lahir, kita juga dapat mengetahui siapa dalam sebuah rumah terkena imbas bintang yang tidak baik. Sebagai contoh, sepasang suami istri tinggal di sebuah kontrakan, rumah induk priode tujuh hadap ke Barat 270 derajat, ruang pribadi mengarah ke selatan dengan pintu masuk di sektor tengah. Dengan demikian pintu mask ruang pribadi akan mendapatkan bintang hadap 5 dan bintang duduk 1, 5 berelemen tanah, sedangkan 1 berelemen air, interaksi elemen menunjukkan tanah menghantam air, jadi bintang duduk air yang dirugikan. Bintang duduk mewakili manusia, yaitu putra terkecil atau anak kecil, ia juga dapat mewakili janin. Berhubungan dengan organ, 1 adalah ginjal, ia juga mewakili kantong rahim atau kandungan.

Ketika itu, sang istri sedang mengandung, sedangkan dari angka luoshu kita jelas mengetahui ada permasalahan dengan kandungannya. Ternyata memang betul, tanah dengan angka 5 hadir bersama kandungan dengan angka 1, dalam rahimnya tumbuh gumpalan daging yang terdeteksi sebagai tumor kandungan, akibatnya janin yang dikandungnya harus dikorbankan (digugurkan), dan kantong rahimnya juga harus diangkat dengan tindakkan operasi. Dengan kata lain, ia sudah tidak mungkin lagi melahirkan anak, karena anak yang diwakili angka 1 telah hancur dihantam bintang jahat angka 5.

Tentu saja, jika dalam kasus pertama, rumahnya ia tidak mengunakan pintu belakang sebagai akses jalan utama dan dapur tidak terletak di dekat pintu depan, jika dalam kasus ke dua, pintu masuk ruang pribadinya tidak berada di sektor tengah, mereka mungkin tidak mengalami hal yang tidak menyenangkan seperti itu, karena itu penataan ruangan itu sangat penting, apalagi jalan akses antar ruangnya.

Angka 5 yang disebut sebagai bintang jahat sebenarnya tidak selalu jahat dan menyeramkan, dengan penataan yang baik, kita malah dapat memanfaatkan kekuatannya yang luar biasa untuk membangkitkan energi yang menguntungkan, penataan fengshui dengan sebutan ‘five ghost bring money’ adalah penataan dengan mengunakan kekuatan angka 5.

 



Categories: Fengshui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: