BRUCE LEE

Bruce Lee, dengan nama China Li Xiao Long (李小龍) lahir pada 27 November 1940 di Amerika Serikat. Jam lahir yang tercatat atalah 07:12 waktu setempat.

Nama lahirnya Li Zhen Fan (李振藩), adalah seorang actor China-Amerika, pelatih seni bela diri, sutradara film, penulis scenario dan pendiri seni bela diri Jeet Kune, seorang master kungfu paling berpengaruh abad ke 20 dan telah menjadi ikon kebudayaan.

Elemen diri Bruce Lee adalah kayu besar ‘Jia’, sekalipun memiliki tiga akar kecil (di dalam cabam bumi Naga Chen dan Babi Hai), tetapi tidak memiliki akar yang kuat, karena itu perawakannya terkesan kurus jangkung, tetapi sesungguhnya tidak terlalu tinggi, berhati baik dan memiliki keinginan yang kuat untuk maju. Hal itu disebabkan oleh tanah dalam system tanggal lahir yang kuat (ada empat, dua di Naga Chen, satu di Anjing Xu dan satu lagi di batang langit Wu). Babi masuk ke dalam Naga Chen, lalu menabrakkan diri ke Anjing Xu, kekuatan ini membuat pilar diri goyah dan terluka. Itu menyebabkan kondisi tubuhnya lemah dan suka sakit pada masa kecilnya, demikian juga keadaan ekonominya juga tidak terlalu baik, terutama (1953 – 1961) pada periode ke dua (1963 – 1970) hingga para masa periode ke tiga. Bila kayunya mengakar, kondisi kayu menjadi kuat, kehidupan ekonominya baru akan membaik signifikan. Hal ini terbukti, karena ketika berada di paruh ke dua periode hidup yang kedua, dimana cabang bumi Macan Yin yang berelemen kayu eksis, Bruce Lee sukses luar biasa, terutama di tahun 1971 hingga 1973.

Sayang sekali masa jaya itu tidak berlangsung lama, karena system dasar Hasta Aksaranya memiliki kelemahan signifikan. Hukum interaksi elemen mengatakan, interaksi Liuhe (bergabung) antara Naga Chen dan Ayam You akan melukai akar kayu yang ada di dalam Naga Chen dengan berat, bahkan fatal. Kayu adalah liver, jika pada periode hidup dan tahun berjalan timbul logam kuat, maka nyawanya akan terancam. Nah, pada paruh awal periode hidup ke empat (mulai 1973), kode pilar yang mewakili periode tersebut adalah Kelinci Logam Xinmao, batang langit Xin berelemen logam. Kemunculan batang langit Xin bisa mewakili hadirnya cabang bumi You atau Ayam. Maka interaksi elemen yang terjadi pada system adalah : Kelinci Mao menusuk (Chuan) Naga Chen, bergabungnya Naga Chen dengan Ayam You telah merusak akar kayu sangat berat. Dengan kata lain, periode ini adalah periode sangat berbehaya bagi dirinya (Kayu Yin disukai, tetapi kayu Mao ditakuti). Tahun 1973 memiliki kode pilar Kerbau Air Guichou, logam Xin mengakar pada Kerbau Chou, karena itu segalanya berhenti hingga di situ.

Profil singkat.

Papa Bruce Lee bernama Li Hai Quan seorang seniman opera, mereka sekeluarga adalah imigran Hongkong di Amerika. Bruce Lee lahir di Chinese Hospital kota San Francisco, California, Amerika Serikat, setahun setelah mereka pindah ke Amerika. Bruce Lee lahir dalam kondisi lemah, sering sakit-sakitan. Saat berusia 7 tahun, ayahnya mengajarinya seni bela diri Taiji agar tubuh terlatih dan menjadi lebih kuat. 1955 Bruce Lee belajar kungfu Yong Chun dengan master kungfu Ye Wen, selain itu ia juga belajar kungfu Shaolin seperti Tinju Hung, Tinju gaya Bangau dan lainnya. Bruce Lee sangat berbakat dalam hal ini, tahun 1957 ia memenangkan juara kungfu kategori remaja di Hongkong.

Atas didikan orang tua, sejak kecil ia telah aktif dalam dunia acting, bahkan sejak usia 3 bulan telah muncul di film local Sanfrancisco berbahasa Konghu. Bruce Lee ikut orang tua kembali ke Hongkong dan hingga 1950, ia telah bermain dalam 4 buah film sebagai bintang tamu. Saat itu, ia memakai nama Li Xin. Kesempatan memainkan peran utama baru didapatkannya pada tahun 1950, hasilnya mendapatkan pujian sangat positif, hingga selesai memainkan film ke dua, gelar ‘aktor kecil berbakat’ pun disandangnya. Hingga 1960, tidak kurang 15 judul film telah dimainkannya. Walaupun mendapat perhatian dan nilai yang positif, tetapi namanya belum dikenal secara luas.

Bruce Lee kemudian kembali ke Amerika dan melanjutkan kuliah di Edison Technical School. April 1962, ia mulai mengajar ilmu bela diri di sudut lapangan pakir universitasnya, dan menikah pada Agustus 1964. Setelah itu main film dan mendirikan Jeet Kune Do.

Tahun 1970, Bruce Lee kembali meniti karir aktornya di Hong Kong. Ternyata dewi keberuntungan telah hadir dalam hidupnya, berturut-turut beberapa film yang diperankannya hingga 1973 sukses luar biasa. Film-film itu adalah The Big Boss (1971), Fist of Fury (1972), Way of the Dragon (1972), Enter the Dragon (1973) dan terakhir Game of Death yang tidak sempat diselesaikannya, dan baru dirampungkan dengan pemain penganti pada 1978.

Pada tanggal 20 Juli 1973, ketika sedang sukses-suksesnya, Bruce Lee ditemukan meninggal pada kira-kira jam 10 malam di kediaman artis seksi Ding Pei. Penyebabnya tidak jelas. Penyebab sesungguhnya baru diketahui jauh setelah ia meninggal dunia, yaitu pada Febuari 2006, yaitu ‘Sudden Unexpected Death in Epilepsy’ (penyakit yang berhubungan dengan elemen kayu). Hal itu diumumkan oleh Dr. James Filkins dari Chicago, Amerika.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: