Hotel Nikko Kuala Lumpur


Sebuah Hotel bintang lima berdiri di seberang Ampang Park, persis di sebelah gedung City Bank. Hotel itu bernama Nikko, sebuah Gedung bertingkat 30 milik pemodal Indonesia yang dipegang manajemen perhotelan internasional dari Jepang. Ruang di dalam Hotel tersebut amat mewah, tempat tidurnya berukuran extra besar dan nyaman, ukurannya kebih kurang 2 x 2.5 meter. Pada hari-hari biasa pun, tamunya terlihat cukup ramai.

Pintu utama Hotel menghadap Utara sektor 2, berpindah tangan 4 tahun lalu dan telah direnovasi besar-besaran, jadi merupakan bangunan periode 8. Sudut halaman depan sebelah kiri (Barat Laut) terdapat gedung tinggi City Bank, sudut kanan (Timur Laut) terdapat jalan keluar masuk ke Hotel, di seberang terdapat terminal kereta bawah tanah Ampang Park serta pertigaan jalan raya Ampang dan jalan Binjai.

Pintu Utama Hotel Nikko terletak di tengah, sebuah kanopy persegi cukup besar berada di depan pintu, sekaligus berfungsi sebagai payung pelindung dari hujan dan matahari bagi para tamu hotel ketika turun dari kendaraannya. Tepat di luar kanopy terdapat kebun bulat yang terbentuk oleh tanaman pendek, di tengahnya terdapat sebuah air mancur kecil, menyisakan sebuah taman cukup besar samping kirinya. Kendaraan keluar masuk dari sudut kanan, karena itu taman di sebelah ini agak kecil.

Masuk ke dalam pintu utama, didapati ruang utama hotel yang sangat luas, meja counter ada di sisi kanan (Barat) diikuti oleh deretan meja penerima tamu dan kasir. Di seberangnya terdapat lift, dimana pintu lift terbuka ke Selatan, di ujung ruang penghubung antara akses lift (Timur) dan ruang utama terdapat sebuah pintu samping yang bisa keluar ke jalan Binjal, dimana di seberang jalan terdapat sebuah restaurant fast food. Sudut Tenggara terdapat sebuah cafe dengan barnya. Wilayah Selatan terbuka, sebuah kolam kecil di sana, di balik dinding kaca terdapat sebuah air terjun buatan cukup besar dengan sebuah kolam ikan besar. Beberapa ikan koki jepang berenang indah di dalam airnya. Sudut Barat Daya adalah restoran hotel. Kita bisa menikmati sajian breakfast cukup mewah di sana. Tentu saja juga bisa pesan di lounge-nya di lantai 26.


Perlu diketahui, kita tidak musti selalu harus membuka pintu utama di tempat bintang hadap berangka 8 (Bintang kejayaan), tetapi jika disetting dengan baik, buka di mana pun tidak masalah, bahkan di tempat bintang bencana angka 5 sekali pun ok-ok saja. Namun jika anda belum kuasai betul dalil fengshui, sebaiknya tidak mencoba-coba dengan resiko besar seperti itu, karena salah-salah bisa malah mengundang bencana. Lebih baik bermain aman saja.

Angka 4 adalah bintang santai, angka 7 adalah bintang entertainment dan angka 9 adalah bintang kegembiraan. Ketiganya bertalian erat dengan fungsi hotel yang berguna untuk istirahat, rilek, menghibur diri ataupun bersenang-senang. Tentu saja termasuk untuk pertemuan, rapat besar, wedding dan lainnya. Ketiga angka tersebut secara kebetulan berada di depan bagian tengah, karena itu pintu berada di tempat tersebut sangatlah ideal. Akan tetapi, kombinasi bintang yang berjajar di depan semuanya mengarah kepada kombinasi angka api 2, 7 dan 9, sedangkan bintang hadap pada pintu dengan angka 9 adalah angka api fungsional, energi api yang teramat membara ini harus diturunkan suhunya agar seimbang. Nah disitulah fungsi kanopi besar berbentuk segi empat tersebut, karena segi empat berelemen tanah, dalam hal ini, tanah dapat mengurangi suhu bara api. Lebih jauh dari itu, taman melingkar di luar kanopi persegi mewakili elemen logam dan air di tengahnya jelas mewakili elemen air, dengan demikian api menghidupan tanah, tanah menghidupkan logam dan logam menghidupkan air, suhu membara dalam sistem dapat dihilangkan secara tuntas.


Akan tetapi, angka kejayaan yang berfungsi mendulang uang tetap harus difungsikan, jika didiamkan begitu saja keuangan belum tentu menggembirakan, karena itu, tempat dimana bintang hadap berangka 8 harus diaktifkan dengan air. Itulah sebabnya penempatan air di belakang hotel menjadi sangat penting dan tidak boleh dihilangkan sema sekali. Dari sini dapat diketahui betapa pentingnya air terjun dan kolam yang ada di belakang tersebut.

Bergeraknya lift yang sebagian besar materinya terdiri dari logam dan penempatannya di tempat bintang logam (angka 7) berfungsi mengaktifkan logam untuk menghilangkan efek bintang sakit angka 2 di hall samping. Pintu samping berfungsi untuk mengeluarkan hawa sakit yang telah dilemahkan terlebih dahulu. Sungguh sebuah penataan yang apik. Membuat sistem fengshui menjadi baik.

Jakarta, 18 Juni 2009


Xiangyi



Categories: Fengshui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: