Catatan analisa fengshui kuno 7 – Cara fengshui membuka pintu

Kali ini, penulis mengangkat sebuah contoh bangunan dengan hadap dan periode yang sama dengan pembahasan sebelumnya. Sebuah bangunan periode enam duduk Utara menghadap Selatan Sektor 2. Pembahasan bab ini akan Xiangyi bagi menjadi dua bagian, sekarang kita bahas terlebih dahulu cara fengshui membuka pintu, disusul dengan minggu depan akan kita bahas cara fengshui meletakkan kompor.

Cakram fengshuinya sebagai berikut :

Sistem fengshui ini pada dasarnya sangat bagus, karena bintang hadap kejayaan berada di depan, jika pintu utama buka di tempat tersebut (sektor tengah, Selatan) akan sangat menguntungkan keuangan keluarga. Hal ini disebabkan dalam fengshui, system ini disebut sebagai rumah Kan (rumah duduk Utara), angka 6 yang berada di depan memiliki elemen logam, sedangkan duduknya yang Utara berelemen air, dalam hal ini logam menghidupkan air, memperkokoh posisi duduk, yang juga berarti menguntungkan segi kesehatan penghuni.

Jika pintu buka di sektor Tenggara, kombinasi angka di wilayah tersebut adalah 1 dan 2, dengan kata lain bintang hadap adalah 2 dan bintang duduk 1. Angka 1 mewakili Utara, karena itu, bintang duduk dengan angka 1 tersebut secara langsung berhubungan dengan duduk bangunan. Bila pintu utama masuk dari sana, akan mengerakkan angka 2 yang berelemen tanah. Tanah akan beraksi menghambat air, membuat air menjadi keruh dan kotor (karena tanah lembek). Sektor itu sendiri berhubungan dengan angka pelajar, yaitu angka 4, dalam hal ini akan berefek buruk kepada orang terpelajar yang tinggal di dalam rumah itu. Dalam tingkat yang paling parah, akan menyebabkan pelajar terserang penyakit serius (karena angka 2 adalah angka sakit), dan meninggal dalam usia muda.

Jika pintu dibuka pada sektor Barat Daya (sebeleh kanan bangunan), hal itu juga diperbolehkan. Kombinasi angka di tempat tersebut adalah 8 dan 4. Angka delapan merupakan angka yang mengandung energi baik pada periode 6, setidaknya akan menguntungkan sisi kesehatan penghuninya. Sedangkan angka 4 merupakan angka pelajar. Jadi pintu di tempat terdebut mengindikasikan akan lahir pelajar-pelajar berkwalitas pada rumah tersebut. Hal ini sangat menguntungkan pada masa dulu, karena system pemerintahan China kuno yang sangat menitik berakkan intelektualitas penduduknya. Pada masa itu, orang yang bisa lulus dalam ujian Negara akan mendapatkan jabatan dalam pemerintahan sesuai dengan tingkat dan nilai kelulusannya. Semakin tinggi semakin baik kesejahteraan yang diperoleh dari Negara. Hal itu berkembang menjadi suatu kenyataan, yakni terpelajar dan lulus ujian Negara adalah segalanya. Untuk masa kini, rumah seperti itu cocok untuk keluarga pas-pasan, yang mengharapkan lahirnya sarjana berkwalitas, sehingga bisa mengabdi untuk Nuda dan Bangsa melalui karyanya dalam perusahaan-perusahaan besar nasional.

Pintu-pintu ruang dalam sebaiknya dibuka pada sisi Li (Selatan), Dui (Barat) dan Gen (Timur Laut). Hal ini disebabkan penyebaran angka sektor Selatan adalah 6, angka kejayaan yang mewakili segalanya pada periode ke enam. Angka dengan energi hidup (Sheng Qi) 7 tiba di sektor Timur Laut, membuat tempat tersebut penuh dengan energi bervitalitas tinggi. Sedangkan angka 8 tiba di sektor Barat membuat tempat itu juga menjadi bagus energinya. Angka 8 adalah angka dengan energi hidup yang akan datang.

Itulah uraian inti tata cara penempatan pintu dalam fengshui. Jika bisa memahami inti sari bab ini, dengan sendirinya anda juga bisa membukakan pintu untuk system-sistem fengshui lainnya.

Jakarta, 10 Februari 2010


Xiangyi



Categories: Fengshui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: