Alat penangkap setan

Suatu hari, tiba-tiba anak bungsu saya yang saat itu baru berusia lima tahun bertanya, sambil menunjuk pada Luopan yang sedang saya pegang : „ Pa, itukan alat penangkap setan yang di TV ya ? “ Mendengar itu, entah perasaan saja saat itu. Campur aduk ! Senang, karena anak kecil ini ternyata sangat cepat belajar sesuatu. Kaget, karena alat ukur arah fengshui yang biasa-biasa saja telah berubah menjadi alat penangkap setan, bahkan seorang anak kecil yang masih polospun beranggapan demikian. Sedih, karena jika persepsi yang salah seperti itu terus tertanam di dalam benak semua orang, fengshui yang hanya ilmu biasa akan berubah menjadi ilmu sakti tiada tanding yang bahkan bisa melebihi Yang Maha Kuasa.
Ketika bekerja, ahli Feng Shui selalu membawa Luo Pan. Kecuali ahli Feng Shui, tak banyak yang tahu apa itu Lou Pan dan bagaimana menggunakannya. Sesungghnya Luopan adalah sebuah alat ukur arah dalam fengshui. Fungsinya seperti kompas biasa yang digunakan para pelayar dan pilot untuk mengetahui arah yang mereka tuju. Pada dasarnya, ia hanyalah sebuah kompas biasa yang dilengkapi dengan symbol-simbol karakter huruf Mandarin. Dengan bantuan alat ukur ini, seorang ahli fengshui dapat memperoleh arah sebuah bangunan dengan tepat.
Luopan berbentuk segiempat dengan sebuah cakram bulat yang dapat diputar, dan jarum kompas ada di tengahnya. Cakram bulat terisi penuh dengan symbol-simbol yang sulit dimengerti, berlapis-lapis dan terkesan misterius. Kesan mistis bertambah oleh tingkah sebagian orang yang dengan sengaja atau tidak mengkultulkan Luopan, seperti diangkat ke layar lebar dengan menjadikan Luopan sebagai alat pendeteksi keberadaan makluk halus.

Cakram bulat Luopan 18 lapis


Categories: Fengshui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: