Catatan analisa fengshui kuno 4 – Kelemahan Arah tidak Murni

Sebuah bangunan periode 5 duduk Xin (Barat) menghadap Yi (Timur) mengadopsi Xu dan Chen (Arah yang tidak murni). Arah seperti ini dalam membangun cakram bintang tidak mengikuti peraturan umum, tetapi harus mengunakan bintang penganti. Di sebelah utara terdapat sebuah jalan. Cakram bintangnya sebagai berikut :

Pada cakram yang biasa, bintang hadap yang berada di tengah adalah angka 3 dan bintang duduk di tengah adalah 7. Karena mengunakan bintang penganti, angka 3 berubah menjadi 2, dan angka 7 tidak mengalami perubahan.

Rumah dengan arah yang tidak murni memiliki banyak kelemahan. Terutama berpengaruh pada sisi perasaan orang yang tinggal di dalam rumah tersebut. Kasus yang paling umum adalah keributan. Keributan antara bapak dengan anak, ibu dengan anak, antar saudara, antar suami istri dan lainnya. Pernah juga dijumpai berpengaruh pada kekacauan susila antara sesame anggota keluarga. Misalnya ayah memperkosa anak perempuannya sendiri, sang ibu kawin dengan putranya, perkawinan antara saudara laki-laki dan perempuan, perkawinan antara paman dan keponakannya dan lain sebagainya.

Rumah tersebut setelah ditinggali, hampir semua anak yang lahir adalah wanita, perbandingan anak perempuan dan laki-laki adalah 9 :1. Anehnya istri tua tidak melahirkan anak laki-laki, semua anak yang dilahirkan dirinya bodoh-bodoh. Sedangkan istri muda memiliki anak laki-laki, semua anak-anaknya pintar-pintar. Karena memakai bintang penganti, angka kejayaan dari hadap tidak berada di tempat yang semestinya, beruntung angka 6 yang juga memiliki power pada periode 5 berada di sisi yang ada jalannya.

Bintang duduk mewakili kesehatan dan keturunan. Angka kejayaan dari duduk pada system ini jatuh di mulut jalan, keadaan ini disebut bintang anak jatuh ke air, karena itu tidak menguntungkan keturunan, hanya memiliki seorang anak laki-laki saja. Penyebab lain adalah kombinasi bintang 4 dan 9 berada di depan, ke dua bintang tersebut telah lemah. Angka 4 Xun mewakili putri pertama dan angka 9 Li mewakili putrid ke dua, jadi semuanya wanita, karena itu hampir semua anaknya wanita.

Kombinasi bintang yang berada di belakang adalah 9 dan 5. Belakang adalah gunung dan mewakili keturunan secara umum, yaitu anak-anak yang lahir dari istri tua. Kitab Rahasia Xuan Kong mengatakan : “Api bertemu Tanah, akan melahirkan anak-anak bodoh.” Itulah sebabnya semua anak istri tua bodoh-bodoh. Bintang duduk di tempat tersebut adalah 5, angka tersebut mewakili angka duduk yang berada di sektor tengah, yaitu angka 7. Angka tersebut mewakili Trigram Dui, dimana salah satu gambaran Guanya adalah istri muda. Angka gunung tiba di gunung, itu pertanda mendapat anak laki-laki. Karena itu istri mudanya mendapat anak laki-laki dan anak-anaknya pintar.

Jakarta, 27 Januari 2010


Xiangyi



Categories: Fengshui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: