Api membakar Jantung

Dalam dunia fengshui terdapat sebuah dalil, yaitu ‘Api membakar jantung’. Artinya energi api yang sangat terpusat di tengah-tengah sebuah rumah. Rumah yang memenuhi peraturan ketentuan seperti itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Selama menjadi analis, Xiangyi mencatat beberapa kasus yang bisa membenarkan dalil tersebut. Hampir semua kasus berhubungan dengan letak dapur yang tidak pada tempatnya, yaitu menempatkan dapur (kompor) di tengah-tengah bangunan sebuah rumah. Agar lebih jelas, mari kita lihat langsung pada contoh kasusnya.

Sebuah rumah di sekitar Grogol yang dekat dengan kampus, merupakan gabungan dari dua buah bangunan. Bangunan induk sebagai rumah tinggal dan bangunan tambahan sebagai tempat kost. Titik berat fengshui tentu terletak pada bangunan induk. Setelah mengukur dengan Luopan (kompas fengshui), ternyata rumah tersebut duduk di Utara menghadap Selatan, tepatnya menghadap pada 178°. Arah yang dapat dikatakan bagus di dunia fengshui.

Pintu utama barada di tengah, sisi kiri (Tenggara) terdapat sebuah kamar, sebuah sekat memisahkan sektor tengah dengan depan, dengan sektor tengah. Untuk masuk lebih ke dalam kita harus melewati depan pintu kamar depan terus masuk ke sektor Timur. Sebuah pintu terdapat di sektor timur, menghubungkan ruang dalam dengan rumah kost (luar). Tangga menuju lantai dua berada di tengah-tengah rumah, merupakan tangga putar. Dapur berada di sektor Barat. Kompor, tangga dan pintu ke rumah kost berada dalam satu garis lurus. Kamar tidur utama meliputi tiga sektor Timur laut, Utara dan Barat laut. Pintu masuk kamar utama berada di tengah. Antara dapur dan kamar utama terdapat sebuah kamar mandi. Pintu kamar mandi dekat dengan pintu kamar tidur. Tempat tidur berada di sektor Barat laut dengan kepala ranjang menempel dinding sisi Barat kamar.

Pemetaan energi rumah tersebut sebagai berikut :

Pintu utama mendapat energi kejayaan, bintang uang angka 8 masuk dari pintu ke dalam rumah, pintu keluar dari samping mendapat bintang hadap angka 5 dan tempat tidur berada pada tempat dengan bintang hadap berangka 2, membentuk sebuah kombinasi 8-5-2. Banyak pakar bahkan buku yang mengatakan kombinasi tersebut disebut ‘parents string’, suatu mata rantai energi yang sangat bagus, terutama pada masa periode 8 (2004 – 2023) ini. Nyatanya tuan rumah sejak pindah masuk ke dalam rumah ini kehilangan pekerjaan, bahkan terakhir meninggal karena serangan jantung. Usianya hanya 44 tahun !

Pernah membaca sebuah buku yang ditulis seorang master dari China yang mangajarkan penataan seperti di atas, yang menurutnya dapat mendatangkan kekayaan dan kejayaan. Beberapa buku dari Hongkong dan Taiwan juga ada yang berpendapat seperti itu. Hasil study kasus ternyata memiliki dampak sebaliknya. Karena itu, jangan asal percaya kepada buku. Penataan sistem fengshui seperti di atas sesungguhnya teramat buruk, karena kesalahpengertian terhadap parents string. Tidak semua sistem bisa menerapkan parents string, kasus di atas adalah contoh nyatanya.

Kesalahan yang sangat fatal di atas disebabkan antara lain :
1.    Tangga berada di tengah sistem bangunan.
2.    Kompor langsung menghadap ke mulut tangga.
3.    Pintu samping yang salah tempat.
4.    Kompor, tangga dan pintu samping terletak satu garis lurus.
5.    Energi api sangat kuat yang ada dalam kamar utama.
6.    Tempat tidur yang salah tempat.

Bayangkan saja, sedemikian banyak kelemahan menumpuk menjadi satu, bagaimana tidak berpengaruh jelek ?

Mari kita melihat angka yang ada pada Luoshu dan Hetu. Angka 9 berada di sektor selatan yang menwakili api, karena itu angka 9 juga disebut angka api. Luoshu adalah bentuk aplikatif Bagua, yang juga disebut Bagua fungsional atau Bagua dunia (kemudian), dan angka 9 pun disebut pula angka api duniawi.

Hetu adalah bentuk awal dari Bagua, karena itu juga disebut sebagai Bagua awal atau Bagua surgawi. Angka 2 dan 7 berada di Sektor Selatan Hetu, karena itu pasangan kedua angka tersebut juga disebut sebagai angka api surgawi. Jadi jika angka 9, 7 dan 2 menyatu dalam sebuah ruang, ruang tersebut akan dipenuhi energi api yang sangat membara, yang dapat menyebabkan kebakaran atau penyakit buruk lainnya.

Coba kita lihat sketsa gambar di atas, angka-angka yang berada di dalam kamar tidur utamanya semuanya terdiri dari kombinasi antara 2, 7 dan 9, ditambah dengan angka 5 yang lazim kita sebut sebagai bintang bencana. Dari sini dapat diketahui, betapa besarnya energi api berada di dalam kamar utamanya. Yang paling fatal adalah tempat tidur berada di atas kombinasi angka 5 dan 2. Angka 2 disebut angka sakit, berelemen tanah. Angka yang menyebabkan sakit itu diperkuat hawa api, dan menyebabkan sakit serius pada orang yang tidur di atas tempat tidur tersebut. Sakit yang berhubungan dengan api adalah darah, terutama jantung.

Angka 5 adalah angka bencana. Tempat angka tersebut berada harus tenang, tidak beleh aktif. Kini pintu menuju rumah kos dan lapangan di sebelah berada di tempat angka 5 tersebut berada, angka itu telah teraktifkan. Efeknya adalah akan menyebabkan suatu hal yang bersifat bencana pada penghuni rumah tersebut.

Kompor adalah sumber energi panas. Kompor berhadapan dengan mulut tangga, membuat energi api berpindah ke mulut tangga, sedangkan pada tempat tangga berada terdapat energi kayu yang kuat, kayu menghidupkan api, api semakin membara dan membakar jantung rumah tersebut. Bintang bencana angka lima yang berada satu garis dengan energi api tersebut beraksi dan menimbulkan bencana tak terelakan. Bintang gunung tempat kompor tersebut adalah angka 6, yang mewakili Trigram Qian. Bintang gunung mewakili kesehatan seseorang, Trigram Qian adalah tuan rumah, jadi kesehatan tuan rumah akan terganggu. Trigram Qian berelemen logam, logam bertemu dengan api akan meleleh. Logam tersebut adalah tuan rumah, meleleh oleh api sangat kuat, hal itu dapat mengancam nyawanya. Kenyataannya, tuan rumah tersebut meninggal April 2009 yang baru saja berlalu karena serangan jantung.

Kenapa terjadi pada tahun ini ? Karena bintang tahun 2009 adalah angka api 9 masuk sektor tengah tempat tangga berada. Garis lurus antara kompor, tangga dan pintu samping hadir kombinasi angka api 7, 9 dan 2. Bulan April bintang kayu angka 3 masuk ke tengah, kayu menghidupkan api dan membakar wilayah jantung tersebut, karena itu tuan rumah tersebut meninggal oleh serangan penyakit jantung.

Jakarta, 04 Juni 2009


Xiangyi



Categories: Fengshui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: