Ubah Sudut Pandang

Kisah pendek :
Seorang penjaga taman pribadi yang pusing karena tamannya selalu dikunjungi dan mengalami kerusakkan oleh masyarakat yang rileks di taman tersebut, sekalipun telah dipasang papan peringatan, pengunjung tidak juga jera. Ia terpaksa meminta petunjuk pemiliknya. Dengan santai pemilik taman tersebut menulis sejumlah kalimat dan menyuruh penjaga tersebut pasang di tempat yang mudah terbaca. Bunyi kalimat itu sebagai berikut : “Jika anda tergigit ular berbisa di dalam tamanku, sesegera mungkin berobat kedokter. Rumah sakit terdekat berada di sebelah Timur dan dapat dicapai dengan waktu tempu setengah jam.” Sejak saat itu, tidak seorang pun yang berani bersantai di taman pribadi tersebut.

Kesimpulan :
Masyarakat tidak menghiraukan peringatan penjaga taman, karena bernada ancaman yang membawa misi kepentingan peribadi. Sebaliknya kalimat dari pemilik taman yang memperhatikan pengunjung tamannya bilamana digigit ular, telah menunjukkan perhatian besar pemilik tersebut kepada orang lain. Dapat diketahui, sebuah tujuan yang sama dengan kalimat yang berbeda memberikan hasil yang berbeda pula.

Hikmah yang bisa dipetik :
Jika kita gagal memperoleh hasil dari suatu usaha, cobahlah untuk mengubah pandangan dari sudut yang berbeda. Biasanya hal itu dapat memberikan hasil yang mengejutkan.

Jakarta, 12 December 2009


Xiang Yi



Categories: Cerita Kebijaksanaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: