豐卦 (雷火豐)

Tulis di depan:

Sebelum membaca artikel ini, perlu ditekankan bahwa Xiangyi murni hanya menjelaskan makna Heksagramnya saja, sama sekali tidak ada niat untuk berkampanye. Lebih-lebih tidak memihak kepada kandidat manapun. Jika isi artikel ini seolah-olah tertuju kepada kandidat tertentu, itu hanya kebetulan saja. Heksagram memang diciptakan untuk menjawab keinginan tahuan orang banyak terhadap suatu keadaan umum yang sedang berkembang dalam jangka waktu tertentu.

Setiap tahun memiliki sebuah Gua yang terbawa bersama tahun dan di sebut Zhinian Gua (值年卦), pada tahun Naga kayu 2024 ini, Zhinian Gua nya adalah Feng (豐). Feng adalah Heksagram yang tersusun dari trigram Lei di atas dan Huo di bawahnya.

Karakter Feng (豐) memiliki bentuk sebuah mangkok yang terisi penuh dengan daging-daging. Di Tiongkok kuno karakter Dou (豆) memiliki arti mangkok yang besar. Zaman itu, bisa makan daging bukanlah hal yang mudah, apalagi bila bisa mengisi penuh mangkok dengan daging, berarti keluarga itu sangat kaya. Jadi Feng memiliki arti makmur. Dalam naskah pengantar Catatan Yijing (序卦傳) Feng juga diartikan sangat banyak atau besar.

Pada naskah asli Zhouyi (周易), karakter Feng ditulis sebagai 寷, yaitu dengan menambahkan penutup 宀 di atas tulisan 豐 tersebut, sehingga pengertiannya menjadi rumah yang besar atau rumah mewah, tentu di sini juga memiliki arti sangat besar seperti di atas.

Heksagram Feng tersusun dari trigram Guntur di atas dan Api di bawahnya. Tiongkok kuno memaknai kemunculan bersama guntur dan api sebagai penegakkan hukum. Gua sebaliknya adalah Shi Ke (噬嗑), tersusun dari trigram Api di atas dan Guntur di bawah, adalah perdebatan di pengadilan, juga merupakan kemunculan bersama guntur dan api. Jadi kemunculan Gua ini ada unsur menegakkan hukum dan memberi ganjaran setimpal kepada para penjahatnya.

Mari kita lihat naskah kuno asli, apa yang disampaikan orang dulu kepada kita.

豐亨,王假之,勿憂,宜日中。

Fēng hēng, wáng jiǎ zhī, wù yōu,  yí rì zhōng.

Kesuksesan besar tercapai dan rakyatnya sejahtera, orang yang tepat (raja) hadir untuk mengendalikan pemerintahan, jadi tidak perlu khawatir. Segala sesuatu berjalan normal menuju keberhasilan tertinggi (seperti matahari di tengah hari).

Hal yang perlu diperhatikan adalah, matahari yang telah mencapai langit tengah akan mulai merangkak ke bawah, setelah bulan purnama yang bulat sempurna perlahan akan kehilangan kebulatannya. Semua itu proses alam yang wajar, demikian juga semua makhluk di alam manusia dan alam lainnya juga tidak ada yang terkecuali.

Gua ini memberitahukan kepada kita, harus bisa menangkap kesempatan dan putuskan segera, gunakan momen matahari sedang berada pada puncaknya, jika dibiarkan sesaat saja, matahari akan bergeser ke barat dan kehilangan momen terbaiknya. Jadi, dalam melakukan segala hal, kita harus menggunakan kesempatan pada momen terbaiknya, dalam hal ini dibutuhkan kecerdasan agar bisa mengambil keputusan segera, kinerja cepat bagai kilatan sinar yang bakal disusul oleh gemuruh suara guntur, adalah sebuah tanda keberhasilan.

Berikut adalah naskah asli ke enam Yao dari Heksagram Feng.

初九,遇其配主,雖旬无咎,往有尚。

Chū jiǔ, yù qí pèi zhǔ, suī xún wú jiù, wǎng yǒu shàng.

Yao pertama terdapat huruf Xun (旬), dimana satu Xun adalah sebuah satuan sepuluh. Bahwa seorang wanita telah menemani raja selama 10 tahun, hal itu tidak akan berkembang menjadi suatu permasalahan (), bahkan bisa mendapatkan pujian atau hadiah (尚) dari berbagai pihak. Namun bila tidak puas dan ingin bertahan lebih lama lagi, itu akan mengundang bencana.  

Zhengxuan (鄭玄), seorang filsuf dan ahli metafisika Tiongkok pada abad pertama mengatakan, utusan yang mengantar upeti sebaiknya tidak tinggal lama di kota raja, jika lebih dari 10 hari akan mengundang permasalahan (bencana) tak terduga untuk diri dan negara pengutusnya.

Dalam hal ini, jika ingin memperoleh hasil terbaik, anda yang mendapatkan Gua ini harus mengambil tindakan atau memutusankan dalam waktu sesingkat-singkatnya, jangan lewat dari angka 10, misalnya 10 jam, 10 hari, 10 bulan atau bahkan 10 tahun dan seterusnya.   

六二,豐其蔀,日中見斗。往得疑疾,有孚發若,吉。

Liù’  èr, fēng qí bù, rì zhōng jiàn dòu. Wǎng dé yí jí, yǒu fú fā ruò, jí.

Yao ke dua, walaupun pada siang hari dan matahari sedang berada di tengah-tengah langit, tetapi tertutup oleh awan hitam yang tebal (蔀), kegelapan menyelimuti bumi, bahkan bisa melihat bintang-bintang di langit. Dalam keadaan yang membingungkan seperti itu, mudah mengundang keraguan dan kecurigaan (疑疾) berbagai pihak. Jadi jangan gegabah, kita harus yakin, bahwa seiring berjalannya waktu, terang cahaya akan kembali dengan sendirinya.

Kalimat pertama adalah perumpamaan, bahwa sang penguasa sedang tertutup oleh bayangan keberhasilan besarnya sendiri atau dengan sengaja dihambat oleh orang-orang kecil yang penuh kepentingan, sehingga kita ikut menjadi ragu dan curiga padanya. Dalam hal ini kita harus bijak dan yakin padanya, karena dengan keyakinan yang diberikan kepadanya, sang raja memiliki kesempatan untuk mewujudkan tekadnya (有孚發若, 信以發志也). Hanya tunggu waktu, kebenaran yang menguntungkan akan datang dengan sendirinya.  

九三,豐其沛,日中見沬。折其右肱,无咎。

 Jiǔsān, fēng qí pèi, rì zhōng jiàn mèi. Zhé qí yòu gōng, wú jiù.

Yao ke tiga, pei (沛) adalah tumbuhan air dan rerumputan liar yang tumbuh saling tumpuk dan berantakan. Di sini mengumpamakan mulai timbul hujan lebat dibawah awan hitam tebal di siang bolong, langit dan bumi gelap gulita, namun di sudut langit sana terlihat sinar lemah bintang biduk yang ke enam (沬). Walaupun tangan yang kanan sudah patah, namun itu tidak menjadi permasalahan.

Hujan lebat informasi yang simpang siur telah menutupi kebenaran, sehingga orang-orang tidak bisa melihatnya dengan jelas. Namun bila cukup tenang dan mau mengalihkan pandangan lebih jauh ke sudut sana, sinar kebenaran masih bisa terlihat samar-samar. Artinya di bawah pengaruh kacaunya informasi, orang terbaik yang diharapkan semuanya tidak berhasil meraih kekuasaan (折斷右臂), namun hal itu tidak menjadi masalah, semuanya akan baik-baik saja (无咎).  

九四,豐其蔀,日中見斗,遇其夷主,吉。

Jiǔsì, fēng qí bù, rì zhōng jiàn dòu, yù qí yí zhǔ, jí.

Yao ke empat, awan gelap masih menutupi dan langit masih gelap, bintang-bintang kecil masih juga terlihat, kini telah muncul seorang pemimpin baru, yang dahulu pernah terseret dalam pusaran kegelapan (夷主), dialah orang paling tepat (吉) di masa gelap seperti ini.

六五,來章,有慶譽,吉。

Liùwǔ, lái zhāng, yǒu qìng yù, jí.

Yao ke lima adalah Yao penguasa. Singkatnya adalah mendapatkan seorang pemimpin kuat (章顯) dan dengan programnya yang jelas dan tim kerja yang baik, pantas untuk disyukuri (讚譽) dan dirayakan (慶賀) bersama.

上六,豐其屋,蔀其家,闚其戶,闃其无人,三歲不覿,凶

Shàng liù, fēng qí wū, bù qí jiā, kuī qí hù, qù qí wú rén, sān suì bù dí, xiōng.

Yao ke enam adalah keadaan dunia secara makro. Politik yang menutup pintu (negara) dan membesarkan dirinya sendiri (hanya berbuat untuk kepentingan negaranya saja) adalah hal yang tidak baik. Mengintip dari luar melalui celah pintu rumahnya, keadaannya kosong melompong, seolah tidak ada orang sama sekali (orang atau negara lain sama sekali tidak bisa mendapatkan apapun darinya). Bila hal seperti ini dipertahankan terus, setelah tiga tahun bencana besar pasti menimpanya.

Jakarta, 22 Januari 2024

Xiangyi



Categories: Uncategorized

Tags: , , , ,

2 replies

  1. sepertinya gambarannya ganjar mafhud

Leave a comment