Gara2 Orang Ini Kita Mengenal Bacang

Perlombaan perahu Naga dan festival Bacang adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun pada kalender Imlek Bulan 5 tanggal 5. Bacang bahkan kini menjadi makanan rakyat sehari-hari. Tetapi tahukah anda, awal mula adanya Bacang?

Dimulai dari Quyuan (屈原), seorang pejabat tinggi yang sangat mencintai tanah airnya, ia terkucil dari persaingan istana. Nasehatnya yang tidak didengar oleh sang kaisar, akhirnya membuat negaranya musnah ditaklukan musuh. Sedih menyaksikan fakta sejarah, ia memeluk batu besar dan melompat ke dalam kali. Pencarian besar-besaran tidak membuahkan hasil. Khawatir jasad pahlawan mereka dimangsa ikan, para nelayan dan relawan menaburkan nasi terbungkus daun ke dalam kali tersebut. Kegiatan ini pun berkembang menjadi tradisi setiap tahunnya. Pencarian jasad menjelma jadi perlombaan perahu naga dan nasi bungkus berubah menjadi makanan Bacang yang enak.

Di masyarakat Tiongkok beredar Hasta Aksara milik Quyuan, sang pahlawan Bacang. Mari kita pelajari bagaimana Hasta Aksara tersebut bercerita.

Quyuan mencatat sendiri dalam tulisannya, bahwa beliau lahir pada tahun, bulan macan (寅), dan hari macam Logam (庚寅). Dari perkiraan para ahli kalenderologi, beliau lahir pada 343 sebelum masehi di hari ke-3 bulan 3 Imlek, atau perhitungan tahun saat itu adalah tahun ke 28 kaisar Chuxuan (楚宣), berjarak dari sekarang sekitar 1.667 tahun yang lalu. Sudah sangat tua bukan?

Pada awalnya, Hasta Aksara Quyuan dilengkap dengan jam Tikus api 丙子, tetapi Xiangyi berpendapat lain, karena jam Bingzi akan meninggal secara wajar. Bila tiga pilar di depan benar, harus dilengkapi dengan jam Babi api atau Dinghai (丁亥) baru bisa mati secara tidak wajar. Dengan perbaikan seperti itu, komunikasi Hasta Aksara Quyuan menjadi mudah dipecahkan.

Diri Logam (庚) adalah orang berkarakter keras, dihidupkan tanah Wu (戊) menjadi agak kaku. Duduk di atas Macan Yin (寅), jiwanya menjadi rapuh dan mudah putus asa, ditambah dengan jam Babi api (丁亥) membuat dirinya tertutup. bilamana api 丁 mengakar, maka peristiwa buruk akan menimpa dirinya. Mari kita buktikan dari perjalanan hidupnya.

Quyuan lahir di Negara Chu (楚) kota Danyang (丹陽). Quyuan kecil sangat cerdas dan maniak buku. Lahir dari keluarga bangsawan, namun tidak pernah sambong dan suka bergaul dengan rakyat jelata. Sikap ini banyak dipuji orang.

Tahun 321 sebelum masehi adalah tahun庚子di periode hidup辛亥, Shishen mengendalikan Guan, saatnya Quyuan menjadi pejabat. Tahun itu terjadi serangan militer dari pasukan Qin (秦), Quyuan memimpin pemuda kampung mengadakan perlawanan dengan segala strategi perang yang jitu. Tahun berikutnya辛丑diterima kaisar dan diangkat sebagai pejabat setingkat bupati.

Tahun壬寅319 sebelum masehi, Quyuan mewakili kaisar Chuhuai (楚懷王), menjadi pejabat utusan khusus untuk Negara Qi (齊). Jabatannya setara dengan perdana menteri. tahun癸卯318 sebelum masehi, ia juga aktif mengurus pemerintahan luar negeri negaranya, dan ikut dalam pasukan gabungan 5 negara menyerang Qin (秦), Tahun yang sangat bagus, walau demikian tidak ada hasil menonjol. Tahun甲辰 317 sebelum masehi, Quyuan memulai reformasi pemerintahan, hal ini berhadapan langsung dengan kaum konservatif yang merasa terancam tergeser, ia menjadi sangat berkuasa hingga tahun 315 sebelum masehi.

Pada tahun丁未314 sebelum masehi, masih di periode Babi亥. Interaksi He antara Kambing dan Babi tidak menguntungkan dirinya. Ia difitnah oleh pejabat tinggi lain dan dicopot dari jabatan perdana menteri. Tahun戊申 313 sebelum masehi, Quyaun dikirim menjauh dari ibu kota. Kesempatan itu digunakan Negara Qin (秦) yang mengutus Zhangyi (張儀) ke Chu, untuk menceraikan kekuatan gabungan antara Chu (楚) dan Qi (齊) yang dibangun Quyuan.

Zhangyi menyogok pejabat tinggi untuk mendekati kaisar Chu, dan menghasut kaisar : ”Jika Chu bersedia memutuskan hubungan dengan Qi, maka Qin akan menghadiahkan tanah 600 hektar lebih yang terletak di Shang (商) dan Yu (于).” Quyuan yang mengetahui kabar itu berusaha menyakinkan kaisar Chu agar tidak terjebak siasat Zhangyi. Apa daya kaisar Chu tidak percaya, bahkan telah mengutus orang ikut Zhangyi pulang ke Qin bersiap menerima tanah yang dijanjikan.

Setelah kembali ke negerinya, Zhangyi berpura-pura sakit, selama 3 bulan membiarkan sang utusan menunggu tanpa ada kejelasan. Bodohnya kaisar Chu mengira Zhangyi menilainya tidak tulus putus hubungan dengan Qi, lalu mengutus orang memarah-marahi kaisar Qi tanpa alasan yang jelas. Kaisar Qi tentu marah besar dan memutuskan tali persahabatan ke dua Negara Chu dan Qi. Mendapat kabar itu, Zhangyi baru menerima utusan Chu dan berkata: “Tanah yang akan kami serahkan adalah mulai dari titik ini sampai titik itu, jumlahnya 6 hektar.” Dari 600 hektar yang dijanjikan menyusut jadi 6 hektar, utusan Chu tentu tidak mau menerima dan pulang melapor kepada kaisar Chu.

Dipermainkan sedemikan rupa, kaisar Chu tentu sangat marah. Dua kali ia mengirim tentara menyerang negara Qin, tetapi selalu dikalahkan tentara lawan dan kehilangan 80 ribu tentara serta jendral-jendral tangguhnya. Qin kemudian berbalik menyerang Chu dan malah berhasil merebut sekitar 600 Li tanah kekuasaan Chu.

Tahun己酉 312 sebelum masehi, Chu kembali mengirim tentara menyerang Qin, tetapi berhasil dikalahkan. Melihat ada kesempatan, negara tetangga Han (韓) dan Wei (魏) diam-diam menyerang dan merebut tanah Chu. Hingga di sini, kaisar Chu baru kembali mengangkat Quyuan sebagai utusan ke Qi, agar ke dua negara tersebut kembali menjalin persahabatan. Saat ini Quyuan berada di periode hidup Geng (庚), pertanda dirinya akan sangat sibuk.

Tahun庚戌 311 sebelum masehi, Quyuan kembali ke Chu, menyuruh kaisar Chu bunuh Zhangyi, tetapi semuanya sudah terlambat. Pada dasarnya kaisar Chu Huaiwang masih tidak suka pada Quyuan, ia hanya menggunakan Quyuan untuk mengandeng kemali negara Qi yang sempat rusak hubungannya. Tahun辛亥 310 sebelum masehi, begitu      Quyuan kembali dari Qi, kembali dijauhi oleh kaisar Chu, dan semakin kehilangan kepercayaan di tahun berikutnya壬子 309 sebelum masehi. Quyuan tidak dilibatkan dalam urusan penting pemerintahan.

Periode hidup Xu (戌) mengikat dan menambah kekuatan Yin (寅), karena itu tidak disukai oleh Diri Quyuan. Tahun癸丑 308 sebelum masehi, Quyuan telah menjauh dari urusan pemerintahan dan tinggal di Yingdou (郢都), ia mendirikan sekolah dan focus pada urusan pendidikan. Perlu diketahui, kayu sangat amat penting bagi Hasta Aksara Quyuan, namun ia harus dalam keadaan ringan, tidak boleh terlalu berat, namun juga tidak boleh berada dalam keadaan yang sangat lemah apalagi mati dan kubur. Artinya periode selanjutnya seperti 己酉, 戊申dan丁未seluruhnya sudah tidak bagus baginya. Alasannya Logam (酉dan申) adalah tempat pemusnahan kayu, tentu tidak bagus dan Kambing Wei (未) adalah gudang bagi kayu, merupakan akhir hidup bagi Quyuan.

Tahun癸亥298 sebelum masehi, Qin menginvasi Chu dan memporak porandakan negeri tersebut, sebanyak 50.000 orang terbunuh dan 15 kota besar direbut olehnya. Tahun 乙丑296 sebelum masehi, kaisar Chu Huaiwang meninggal di Qin, tahun 戊辰293 sebelum masehi, Qing menaklukkan Negara Han (韓) dan berencana merebut negara Chu. Saat itu, Quyuan sudah berada jauh di perantauan. Ia hanya bisa menyaksikan dari jauh, satu persatu kota Chu jatuh ke Qin tanpa bisa berbuat apa-apa.

Periode hidup丁未adalah mimpi buruk bagi Quyuan. Ding otak adalah Xiongshen (凶神). Sesungguhnya Ding adalah pemurnian (虛) dari kayu Yin (寅) yang sangat berat. Hingga pada periode Kambing (未), Ding yang tadinya murni mendapatkan akar pada Wei, saat yang sama Wei juga mengubur kayu Yin, maka ia mengakhiri hidupnya atas kesusahan hati tiada habisnya menyaksikan fakta sejarah jatuhnya negara tercintanya. Maka pada tahun癸未 (kambing air) di tahun 278 sebelum masehi, ia memeluk batu terjun ke dalam kali, mengakhiri hidup bersama musnahnya negara tercintanya.

Jakarta, 8 Juni 2019

Xiangyi.



Categories: Artikel, astrologi., Ba Zi, Cerita Kebijaksanaan, Fengshui, hasta aksara, lain-lain, Politik, Tokoh kuno, Umum

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: