SCHAPELLE LEIGH CORBY

corby

Schapelle Leigh Corby adalah seorang mantan pelajar sekolah kecantikan dari Brisbane, Australia yang ditangkap karena membawa obat terlarang dalam tasnya di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia pada 8 Oktober 2004. Ia tidak pernah mengaku sebagai pemilik 4,2 kg mariyuana yang ditemukan bersama barang bawaannya, walau demikian ia divonis hukuman penjara selama 20 tahun pada 27 Mei 2005. Berbagai upaya banding dilakukan masyarakat Australia, bahkan berubah menjadi semacam modal politik dalam kampaye pemilihan presiden di Negara itu.

Di Indonesia, kasus ini sebenarnya sudah hampir dilupakan orang. Tetapi kembali menyeruak ke permukaan setelah presiden SBY memberikan grasi 5 tahun kepadanya pada 23 Mei 2012 yang lalu. Tindakan ini dinilai positif karena telah menanggapi tenggang rasa kemanusiaan atas pemerintah dan mayoritas masyarakat Australia, yang selalu menganggap Schapelle tidak bersalah. Terlepas dari bersalah tidaknya Schapelle Corby, mari kita telaah dari sisi tanggal lahirnya. Schapelle Corby lahir di Brisbane, Australia pada tanggal 10 Juli 1977 pukul 23:52 dini hari. Secara Geografis, Australia berada di belahan bumi Selatan, karena itu kita menggunakan format Hasta Aksara Selatan sebagai berikut :

Elemen diri Tanah besar Wu dengan kombinasi cabang bumi Naga. Kerbau dengan bintang pembantu Jie (劫) berada di pilar bulan, Kerbau ditelan Naga berindikasi dirinya mudah dimanfaatkan oleh orang-orang di sekitarnya. Pilar tahun adalah Ular api, ada 3 bintang pembantu yang melekat pada Ular, yaitu Zi, Bi dan Shi. Zi (ㄗ) adalah sebuah ruang, karena bersama ular yang berhubungan langsung dengan perjalanan, maka bisa dilihat sebagai sebuah mobil atau pesawat. Bi (比) adalah Schapelle sendiri, dalam hal ini dipandang sebagai tangan. Ketika ruang dan tangan bergabung dalam satu Xiang, maka muncullah gambaran sebuah tas tangan. Shi (食) adalah makanan, bergabung bersama ular menjadi sebuah makanan yang terdapat di dalam tas tangan.

Kerbau berada di tempat air (Utara), air warnanya hitam, karena itu Kerbau bisa diartikan sebagai sebuah organisasi/kelompok melanggar hukum. Kerbau berinteraksi He (合) dengan Ular, kelompok inilah yang meletakkan makanan tersebut (maribuana) ke dalam tas tangan Schapelle. Kerbau juga berinteraksi He dengan Tikus yang ada di pilar Jam, bintang pembantu Tikus adalah Cai (財), itu mewakili bapaknya. Diduga, kelompok hitam tersebut berhubungan dengan bapaknya sendiri. Ternyata ayah kandung Schapelle Corby, yaitu Michael Corby, sebelumnya pernah tertangkap basah membawa ganja pada awal tahun 1970-an. Fakta tersebut membuat hipotesis ini menjadi beralasan.

Tanah kecil Ji (己) memiliki fungsi substitutif dengan Api kecil Ding (丁), berarti dalam Hasta Aksara ini, Ji dan Ding adalah sama. Ji muncul pada periode hidup Kelinci tanah (1996 – 2005). Begitu Ji mucul, api Ding akan melebur bersama Ji untuk bergabung dengan Kayu Jia (甲). Bintang pembantu Kayu Jia adalah Sha (殺), memiliki makna hukum. Dalam Hasta Aksara, penyatuan Jie dengan Sha bisa dipandang sebagai suatu kegiatan yang melawan hukum. Zi (ㄗ) dan Yin (印) juga memiliki arti kehormatan atau status. Meleburnya Zi dan Yin menjadi Jie memiliki arti status diri yang dimanfaatkan orang lain, lalu bergabung dengan Sha untuk melakukan suatu tindakan melawan hukum. Nah, ketika Jia muncul kembali pada tahun 2004 (Monyet kayu Jia Shen/甲申), maka apa yang diinformasikan dalam kerangka dasar Hasta Aksaranya menjadi kenyataan, ia tertangkap oleh aparat keamanan di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali karena kedapatan membawa maribuana dalam tasnya, dimana dirinya mengaku tidak tahu menahu tentang barang haram tersebut.


Ular adalah Lu (祿) bagi elemen diri Tanah Wu, Lu berarti badan / tubuh. Ular bergabung dengan Kerbau, batang langit asal Kerbau adalah Tanah kecil Ji, ketika Ji muncul dan bergabung dengan Kayu Jia, berarti pula badannya terjerat hukum dan kehilangan kebebasan. Kayu Jia merupakan bagian dari Naga Chen, dimana Kerbau membawa Ular bersama Api kecil masuk ke dalam Naga, sangat jelas, dirinya masuk ke dalam kurungan (penjara) yang diwakili oleh Naga. Berarti selama periode hidup Naga logam (2006 – 2015), Schapelle Corby sulit bebas dari penjara. Tetapi 2013 adalah tahun Ular air (癸巳), tubuh (diri) muncul kembali di tahun tersebut, pertanda mendapatkan kebebasan. Ternyata ia mendapatkan grasi 5 tahun dari SBY, hingga bisa bebas lebih awal. Tetapi bagaimanapun periode hidupnya belum sepenuhnya keluar dari Naga logam, kemungkinan hanya bebas bersyarat, harus menunggu hingga 2016, ketika berganti periode hidup baru bisa bebas murni.

 



Categories: Ba Zi

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: