Jackie Chan

Jackie Chan atau Cheng Long (成 龍) memiliki nama asli Fang Shi Long (房仕龍) merupakan salah satu maha bintang dalam kancah perfilman Asia. Film-film yang dibintanginya merupakan film yang berkualitas dan setara dengan kemampuannya yang hebat. Lalu mengapa ia bisa menjadi maha bintang Asia hingga saat ini ? Bagaimana perjalanan karirnya di tahun-tahun mendatang ? Kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui gambaran-gambaran yang nampak pada sistem bazi (Hasta Aksara) milik Jackie Chan.

Jackie Chan lahir pada tanggal 7 April 1954 jam 7 pagi. Hasta Aksara (bazi)-nya adalah :

Elemen utama yang dimiliki oleh batang langit Gui (癸) dalam pilar tanggal merupakan elemen air. Penggabungan batang langit Gui dengan batang langit Wu (戊) yang berada pada pilar bulan menghasilkan elemen api dan menempatkan dirinya pada cabang bumi Si (巳) dalm pilar tanggal dan cabang bumi Wu (午) dalam pilar tahun.

Akan tetapi kehadiran dua cabang bumi Chen (辰) yang masing-masing berada pada pilar bulan dan jam tidak mendukung perubahan tersebut. Hal ini disebabkan karena dalam ketentuan hokum dasar bazi, Chen adalah gudang air atau dengan bahasa yang lebih sederhana disebut sumber mata air. Elemen diri air Gui yang mendapat dukung sumber mata air, tentu saja tidak dapat mengikuti ajakkan batang langit Wu untuk mengubah diri menjadi elemen api. Karena itu, dibutuhkan sebuah elemen penyeimbang utuk mengatasi keadaan seperti ini.

Keberadaan batang langit Jia (甲) yang memiliki sifat elemen kayu di atas cabang bumi Wu (午)  pada pilar tahun secara tepat dapat mengambil peran tersebut. Jadi Jia adalah suatu elemen yang sangat penting dalam diri Hasta Aksara Chen Long.

Keberadaan kayu Jia tersebut berhasil menjembatani pertentangan antara air dan api dalam bazi Chen Long. Karena hokum interaksi elemen mengatakan air menghidupkan kayu dan kayu menghidupkan api. Energi api yang dibawa oleh cabang bumi Wu (午) berinteraksi dengan batang langit Jia dalam pilar tahun yang memiliki sifat elemen kayu. Sebagaimana halnya kayu yang terus-menerus akan tumbuh dan meninggi, begitu pula dengan bakat alam yang dimiliki oleh Jackie Chan. Bakat yang ada dalam dirinya tersebut  mengalami pengembangan dan peningkatan terus-menerus, sehingga ia dapat menunjukkan ekspresinya dengan kuat. Interaksi tersebut juga menguntungkan bagi diri Jackie Chan karena dapat menjembatani pertentangan air dan api.

Informasi yang dibawa oleh deities pada Jia yakni Shang (傷). Shang dan Shi (食) memiliki gambaran tentang anak, makanan, kenakalan, kecakapan, ekspresi dan lain-lain. Ekspresi ! di situlah kata kuncinya. Acting adalah suatu hasil expresi, jadi pekerjaannya sebagai actor adalah suatu pekerjaan yang sesuai dengan bakat bawaannya.

Sekarang mari kita melihat siklus kehidupan Jackie Chan.

Ketika siklus kehidupan berada pada pilar Geng Wu (庚午) dan pilar Xin Wei (辛未), yaitu kurun waktu antara tahun 1972 – 1981 dan tahun 1982 – 1991, keberuntungan akan berpihak kepadanya. Hal ini disebabkan oleh siklus kehidupannya yang berada pada cabang bumi yang berelemen api. Dalam hal ini, walaupun Wei berelemen tanah, namun posisi dalam mata angina barat daya yang berbatas langsung dengan selatan, membuat Wei sendiri masih mengandung energi api yang kuat.

Pada tahun 1976 karir Jackie Chan sebagai aktor dikukuhkan memalui film Qingwumen (精 武 門).  Pada tahun 1978 ia kembali bermain dalam film yang semakin melejitkan namanya yakni Drunken Master  (Zhui Quan/ 醉拳 ). Tahun 1985 filmnya yang berjudul Police Story (Jingcha Gushi / 警 察 故 事) semakin memantapkan karirnya. Bahkan film dibuatkan seri kedua dan ketiga,  masing-masing pada tahun 1988 dan tahun 1992. Tahun 1987 dengan Project A (A Jihua / A 計划) yang juga mendapat antusiasme penggemarnya.
Jackie Chan mulai mengembangkan sayap ke Hollywood pada tahun 1992, namun hasilnya tidak memuaskan. Film yang benar-benar dapat menembus pasar Hollywood dengan hasil yang luar biasa adalah Rumble in the Bronx pada tahun 1994,  kemudian disusul dengan Rush Hour dan Rush Hour II.  Setelah itu karena kurang menguntungkan, ia kembali ke Hongkong.

Pada saat itu, siklus kehidupannya berada pada pilar Ren Shen (壬申), tahun 1992 pilar tahun juga Ren Shen, luberan air yang sangat besar mendorong dirinya menyebrang ke Hollywood. Tahun 1994, ketika batang langit Jia (甲) muncul ke permukaan, air yang besar ini terjembatanni, karena itu aktingnya mendapatkan hasil penghargaan yang sangat baik. Setelah itu, masuk ke siklus kehidupan Gui You (癸酉), daya kerja interaksi elemen mengecil, karena itu ia harus kembali ke Hongkong, bahkan muncul beberapa kasus karena ulahnya sendiri.

Xiangyi percaya, pada siklus kehidupan periode Jia Xu (甲戌),  terutama di jia, daya kerja akan kembali membaik. Namun pada priode Xu akan terserang problem kesehatan yang serius. Satu catatan kecil yang menarik adalah pemakaian nama Chen Long. Dalam aksara Han (bahasa Mandarin), Chen Long artinya adalah “menjadi naga”.  Chen (成) memiliki lafal yang sama dengan cabang bumi Chen (辰), sedangkan Long (龍) adalah “naga”. Naga mewakili mata angin sebelah timur, karena itu juga mewakili kehadiran kayu Jia. Jadi nama Chen Long selain memiliki makna “menjadi naga” juga, ia juga mewakili kehadiran kayu besar (Jia) yang memiliki akar kuat di dalam tanah (Chen).  Dapat dikatakan, nama ini sangat tepat dengan keadaan yang dibutuhkan bazinya.



Categories: Ba Zi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: