AUNG SAN SUU KYI

Suu Kyi

Aung San Suu Kyi adalah salah satu wanita hebat yang pernah mendapatkan Nobel Perdamaian. Ia lahir dari keluarga politisi Myanmar, yang ambil bagian dalam perundingan kemerdekaan Myanmar dari Inggris pada tahun 1947, malangnya dia dibunuh pada tahun itu pula. Aung San Suu Kyi lahir di Rangoon (kini bernama Yangon) pada tanggal 19 Juni 1945, Hasta Aksaranya seperti di bawah ini :Tanggal lahir ini menjadi istimewa, karena Jam lahirnya Naga tanah. Naga telah mengudangkan semuanya, termasuk Ayam yang mewakili pikirannya. Ketika periode hidup berada pada Babi Api (1990 – 1999), Api Kecil Ding menggerakkan Air Besar Ren yang mewakili Gudang Naga, maka dirinya pun masuk gudang, ditahan oleh pihak militer yang berkuasa, sekalipun dirinya keluar sebagai pemenang dalam pemilihan umum. Periode hidup berikutnya Tikus Tanah (2000 – 2009), karena Tanah Besar dan Tikus menyatu membentuk gambaran Gudang Naga, jelas 10 tahun ini juga masih berada dalam status tahanan, sekalipun tahanan rumah. Panahanan ini disebabkan oleh pikiran-pikirannya yang berlawanan dengan pihak berkuasa.

Hasta Aksara ini tidak menguntungkan suaminya, karena dirinya duduk di atas ‘kubur’ (Kambing) suaminya. Ketika memasuki periode Tikus, interaksinya dengan Kambing di sektor suami besifat merusak. Maka pada tahun 1997, suaminya terdeteksi mengindap kanker prostat tingkat lanjut. Sebenarnya saat itu ia berpeluang bebas dari tahanan, keluar dari Myanmar untuk menjenguk suaminya. Ia sadar, jika itu tidak dilakukan, maka ia akan kehilangan suaminya untuk selamanya. Tetapi niatnya untuk keluar akhir di urung, karena khawatir jika keluar dari Myanmar, dirinya akan sulit kembali ke Negeri tercintanya itu. Ia lebih rela menyandang status tahanan di dalam negeri sendiri. Dan suaminya pun meninggal tanpa kehadirannya pada 27 Maret 1999. Ia telah mengorbankan cinta pribadinya atas kepentingan cinta dirinya pada negaranya sendiri, semangat Nasionalisme begitu kuat yang pantas kita tiru bersama.

Keluar dari periode hidup Tikus dan Masuk ke Kerbau Tanah (2010 – 2019), Tanah kecil yang berada pada batang langit periode sama dengan elemen Tanah Kecil yang mewakili dirinya. Artinya, dirinya telah berada dalam keadaan bebas dan kini telah eksis, maka pada tanggal 13 Nov 2010, Suu Kyi telah terbebas dari status tahanan. Suatu pola hidup yang dapat kita baca dari tanggal lahir dirinya dengan tegas. Dalam periode hidup ini, walau pada tahun 2012 timbul kembali gudang Naga, hal itu malah menguntungkan dirinya. Karena Air Besar Ren pada batang langitnya tidak terganggu. Itulah sebabnya dirinya bisa memenangkan pemilihan parlemen dan dilantik pada tanggal 2 Mei 2012 yang baru saja berlalu. Namun demikian, diperkirakan bulan Juli nanti terdapat sedikit gangguan, dan bisa dilewati dengan baik.



Categories: Ba Zi

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: