Tolonglah Diri Anda Sendiri

Suatu hari pada saat Napoleon masih kecil, ia pergi berburu ke pinggir hutan. Tiba-tiba terdengar ada yang berteriak minta tolong. Dengan langkah cepat ia menuju ke sumber suara berasal. Dilihatnya seseorang tercebur ke dalam sungai, sedang merontak-rontak minta pertolongan. Napoleon melihat sungai tersebut sebenarnya tidak lebar, hanya sungai kecil. Ia kemudian mengarahkan moncong senapannya ke arah orang yang tercebur itu dan berkata dengan suara lantang : “Jika kau tidak berusaha berenang sendiri ketepi, akan ku tembak kepalamu, biar mati sekalian di dalam sungai !”  Meminta bantuan, malah bertambah ancaman, orang yang tercebur itu akhirnya hanya bisa berusaha sendiri, dan berhasil keluar dari dalam sungai.

Perhatian :
Napoleon bukannya menolong, malah menambah ancaman kepada orang yang tercebur ke dalam sungai, ternyata orang itu berhasil naik sendiri dari dalam sungai.

Hikmah yang bisa dipetik :
Langkah pertama untuk orang yang sedang dihimpit masalah adalah berusaha menolong dirinya sendiri, jangan selalu menunggu uluran tangan orang lain. Bagaikan seseorang yang terserang penyakit jantung, pertama-tama yang harus dilakukannya adalah berusaha menolong dirinya sendiri terlebih dahulu dengan berbatuk-batuk keras, baru kemudian meminta bantuan seorang dokter. Jika menunggu dirinya diantar kerumah sakit, besar kemungkinan ia sudah meninggal di tengah perjalanan.

Jakarta, 31 Desember 2009


Xiang YI



Categories: Cerita Kebijaksanaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: