Tanggung Jawab dan Kesalahan

Pada tahun 1920, seorang anak lelaki berusia 11 tahun, secara tidak sengaja memecahkan kaca jendela tetangga, tetangga tersebut mengharuskan anak tersebut mengganti kaca yang pecah itu dengan uang 12.5 dolar. Saat itu, nilai 12.5 dolar merupakah sejumlah uang sangat banyak, nilai uang itu setara dengan harga 125 ekor ayam petelur dewasa ! Anak yang telah membuat kesalahan itu terpaksa mengaku salah, dan meminta bantuan ayahnya. Sang ayah mengharuskan anak tersebut bertanggung jawab dan menanggung kesalahannya sendiri. Dengan penuh penyesalan anak itu berkata : “Dari mana saya mendapatkan uang sebanyak itu untuk mengganti kaca tetangga yang pecah itu ?” Sang ayah memberi anaknya uang 12.5 dolar, lalu berkata : “Uang ini ayah pinjamkan dulu kepadamu, tetapi satu tahun kemudian, kamu harus mengembalikannya kepada ayah.”

Mulai saat itu, anak tersebut melewati hari-hari sulitnya dengan bekerja sambilan setelah pulang sekolah. Setelah bersusah payah setengah tahun, ia telah mengumpulkan cukup uang dan mengembalikan 12.5 dolar kepada ayahnya, sebagai tanggung jawab atas kesalahan yang pernah dibuatnya.

Siapa anak tersebut ? Ternyata ia Ronald Wilson Reagan atau biasanya hanya disebut Ronald Reagen, presiden Amerika Serikat ke-40.

Perhatian :
Ronald Reagan mengunakan tenaganya sendiri bekerja mengumpulkan uang untuk menembus kesalahannya, membuat dirinya mengerti apa yang disebut bertanggung jawab.

Hikmah yang bisa dipetik :
Orang yang berani bertanggung jawab atas kesalahan yang pernah dibuatnya, sekalipun perbuatan salah itu dilakukan secara tidak sengaja, adalah orang yang bisa melakukan tugas besar dalam hidupnya.

Jakarta, 30 Desember 2009


Xiang Yi



Categories: Cerita Kebijaksanaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: