Anak Ajaib

Dalam catatan tambahan sejarah Tiongkok, terdapat seorang anak ajaib sangat berbakat, bernama Fang Zhong Yong (方仲永). Ia bisa menciptakan sajak atau puisi secara spontan, ketika melihat sesuatu yang menarik hatinya. Padahal, usianya baru genap lima tahun. Ke dua orang tuanya sangat membanggakan, memuja-muji anaknya kepada orang lain dan memanjakannya. Apa pun yang diinginkannya selalu dipenuhi. Akibatnya bimbingan dan arahan yang seharusnya diterima setiap anak-anak tidak pernah diberikan kepada anaknya tersebut. Setiap hari kerja anak ajaib itu hanya Show off, jalan-jalan, makan dan bermalas-malasan. Kebiasaan ini terbawa olehnya hingga dewasa, sehingga hanya menjadi seorang malas dan tidak bisa berbuat apa-apa. Bahkan bakatnya dalam membuat sajak dan puisi telah luntur, dan dirinya tidak lebih seperti seonggok sampah masyarakat. Sungguh suatu hal yang sangat disayangkan. Hal ini dicatat oleh sejarahwan, politikus, sastrawan dan filsuf besar Wang An Shi (王安石 1021 – 21 Mei 1086) yang hidup pada dinasti Song Utara (北宋 960 – 1127).

Perhatian :
Fang Zhong Yong, sang anak ajaib tidak pernah mendapat pendidikan dan arahan sebagaimana anak-anak pada umumnya karena terlalu dimanja orang tuanya. Akibatnya setelah dewasa, ia hanya menjadi seorang pemalas tak berguna.

Hikmah yang diperolah :
Bagaimana hebatnya bakat seorang anak, ia hanya seorang anak kecil yang memerlukan arahan dan bimbingan orang dewasa. Bakatnya harus dikembangkan, dipertajam dan disalurkan pada tempat yang benar.

Jakarta, 22 Januari 2010


Xiangyi



Categories: Cerita Kebijaksanaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: