Shio Ciong Tahun dan Cara Mengatasinya 犯太歲的生肖與化解

Hingga saat ini, masyarakat Tionghoa umumnya masih mempercayai Shio tahun lahirnya. Yakni orang yang lahir pada tahun tertentu, akan memiliki hewan Shio tertentu pula. Sebagai misal, tahun ini (2015) adalah tahun Kambing, maka semua bayi yang lahir sepanjang tahun ini memiliki Shio Kambing. Tahun besok Monyet, maka semua bayi kelahiran 2016 nanti akan memiliki Shio Monyet dan seterusnya. Kebiasaan Shio ini kini telah berkembang menjadi semacam budaya yang sulit terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Tionghoa.

12 shengxiao

12 Shio secara berurutan menempati posisi yang pasti sepanjang garis lingkar langit (360°), seperti tikus (子) berada di posisi 0°, Kerbau (丑) berada di posisi 30°, Macan (寅) berada di posisi 60°, Kelinci (卯) berada pada posisi 90°, Naga (辰) berada di posisi 120°, Ular (巳) berada di posisi 150°, Kuda (午) berada di posisi 180°, Kambing (未) berada di posisi 210°, Monyet (申) berada pada posisi 240°, Ayam (酉) berada pada posisi 270°, Anjing (戌) berada di posisi 300° dan yang terakhir Babi (亥) berada pada posisi 330°.

Penempatan seperti itu menyebabkan terjadinya Shio yang saling berhadapan (沖) dengan selisih sudut 180° dan saling menyiku (刑) dengan selisih sudut 90°, dimana ke dua jenis hubungan ini memiliki efek yang kurang baik dan disebut Ciong tahun. Sebagai contoh, 2015 adalah tahun Kambing dan Kambing berada pada posisi 210°, maka Shio yang Ciong tahun ini adalah hewan Shio yang berada pada posisi 30° (210° – 180°) yakni Kerbau (丑), 300° (210° + 90°) atau Anjing (戌) dan yang berada pada posisi 120° (210° – 90°) yaitu Naga (辰), sedangkan Kambing sendiri berada bersama hadirnya penguasa tahun Taisui, maka juga berurusan dengan penguasa tersebut, jadi juga harus berhati-hati pada tahun ini.

Apa yang terjadi bila berhadapan dengan penguasa Taisui atau Ciong? Efetnya bisa bermacam-macam, misalnya banyak halangan dalam usaha dan pekerjaan, sakit- sakitan, keberuntungan tidak menentu dan lainnya. Hanya mendengar kata Taisui saja, semua orang Tionghoa merasa gentar, karena itu Shio yang kena Ciong harus di siasati dengan baik. Salah satu cara adalah bersembahyang pada Taisui di Kelenteng- kelenteng, atau juga bisa mendirikan altar sembahyang bagi Taisui di rumah masing- masing. Dipercaya dengan menyembah Taisui, semua halangan akan bisa diatasi, hal besar menjadi kecil dan yang kecil menjadi tiada. Biasanya kegiatan ini harus dilakukan antara hari pertama hingga hari ke lima belas Imlek, jika terlewatkan harus menunggu hingga hari ulang tahun Taisui, yang jatuh pada hari ke sembilan belas bulan tujuh Imlek baru bisa melakukannya. Namun demikian, kelenteng di beberapa tempat memperbolehkan para pengikutnya bersembahyang Taisui pada hari ke lima belas setiap bulannya.

犯太歲的生肖與化解

到目前為止,民間還很崇拜著生肖文化。也就是某年出生的人,就用有了某個生肖,例如今年是羊年,那麼今年出生的孩子都肖羊,明年是猴年,那明年出生的孩子們也都肖猴了,這就是生肖文化,目前幾乎已經轉化成一種特殊的信仰。

由於12生肖各居於周天的12個方位,星成了生肖與生肖之間,有了相對與隔角等等的關係,組成生肖的沖刑合會名詞和心理上的障礙。民間所謂的沖就是方位上的對立,隔角者就是刑,換句話說,今年生肖相沖的是肖牛的人,相刑的就是肖狗的人,所以今年肖牛、肖狗和肖羊的本身犯了太歲,肖鼠的因為有著與羊相穿的關係,所以也犯太歲。

犯太歲會帶來種種不利的事情,入事業不順,運程反覆,流年多病等,所以大家一聽到犯太歲都怕的坐立不安,一定要安頓處理才成。其中一種方式就是跑到廟堂裡去拜太歲。一般太歲在各大小廟堂都有得安,通常一定要在新年的正月十五之前完成,才能大事化小,小事化無。有些地方指定在正月初八及十五,錯過了就要等到太歲星君生辰的七月十九日才能供奉祭祀。但是有些地方的廟堂,於每個月的農曆十五日,也會大開方便之門,給善男信女們供奉太歲。

Logo Xiangyu

Xiangyi

Baca juga :

Selamat Imlek 2015

Pejabat Taisui dan Cara Menghadapinya



Categories: Artikel, Artikel Mandarin, lain-lain, Umum

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: