Selamat Imlek 2015

Selamat Imlek

mulai hari ini, akan dimuat serangkaian artikel yang berhubungan dengan Imlek setiap berselang dua atau tiga hari, selamat mengikutinya.

Kambing yang beruntung

三羊開泰

Tahun 2015 disebut tahun Kambing, karena Shio tahun jatuh pada Kambing, tepatnya Kambing kayu. Kambing memiliki makna yang bagus, karena huruf Mandaran ‘beruntung’ ditulis dalam bentuk 祥, terdiri dari sebuah huruf Kambing (羊) dengan radikal baju (礻/衣), jadi beruntung adalah kambing yang memakai baju, jadi kambing adalah hewan yang bisa membawakan keberuntungan bagi manusia, hal ini juga terlihat dari banyaknya korban kambing bagi keselamatan manusia setiap tahunnya.

Intinya pada tahun Kambing ini, kita harus bisa memelihara prilaku baik, agar tidak kehilangan makna keberuntungan yang terbawa bersama tahun.

Tahun 2015 adalah tahun Kambing kayu. Kayu terbawa bersama batang langit pilar tahunnya Yiwei (乙未), dimana Yi (乙) berarti kayu dan Wei (未) adalah cabang bumi Kambing. Kayu merupakan elemen dasar yang terbawa bersamanya.

Sebagian orang mengatakan tahun 2015 sebagai tahun Kambing logam atau Kambing mas, hal ini masih bisa diterima karena elemen panduan bunyi dari Kayu dan Kambing menghasilkan Logam yang disebut ‘Logam dalam pasir (砂中金)’. Namun demikian penggunaan elemen ini tidak lazim, biasanya hanya digunakan untuk keperluan Yin fenghui dan jarang untuk Yang fengshui dan Bazi.

吉祥的羊年

今年的12生肖,又輪流到羊兒守歲值班,羊穿上衣服就變成「祥」字了。 所以今年大家要安份,不要胡來,因為一旦胡作非為,不遵五常八德,不守人倫,這樣就失去本有的人性了。反之,則是穿上衣冠的人,那麼一整年自然就會吉祥如意了。

2015年的羊,是穿著青衣的木羊,叫做乙未年,乙就是小的木,未是12生肖羊的代表。一部分的人,說今年為金羊年,那也無所不可,因為那個金,是從60干支納音那邊拿過來的、甲午乙未沙中金,叫做納音五行。但是流年五行的用事,一般是根據正五行的乙木和未土在操作用事,納音五行之的是象,主在粗劣的泥沙中藏著珍貴的金子,指的是今年在繁亂而多的雜事當中,可以建立很好的事業基礎,是件好事,並不代表用事的五行,有點點標奇立異的成份。還有的人把2015說成了火羊年,這就沒什麼道理,差得太遠了。

Gambaran logam yang dibawakan elemen paduan bunyi berguna mengingatkan kita bahwa terdapat peluang emas dalam tahun 2015 ini, jangan sampai terlewatkan hanya oleh kesibutkan rutin setiap harinya. Logam itu tidak bisa digunakan untuk keperluan prediksi Bazi dan tata fengshui lainnya, karena hasilnya sudah pasti tidak benar, jadi tidak perlu dipermasalahkan.

Ada pula segelintir orang yang mengatakan 2015 adalah Kambing api, ini sudah kelewatan, karena sama sekali tidak ada dasarnya, yang ada hanya membuat wajah ilmu ini semakin samar dan tidak dapat dimengerti oleh umum saja.

Logo Xiangyu

Xiangyi



Categories: Artikel, Artikel Mandarin, Fengshui, hasta aksara

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: