Orang Kaya dan Kecemburuan

Yicai berkunjung ke San Francisco, teman membawanya jalan-jalan ke wilayah hunian orang-orang kaya. Itu kebiasaan orang Amerika, suka membawa tamu meninjau hunian orang kaya, seperti ia memperoleh kebanggaan tersendiri dengan kebiasaan tersebut. Yicai bertanya : “Apakah anda cemburu dengan rumah orang kaya begitu mewah dan besar ?” Teman Amerika itu seperti agak kaget dengan pertanyaan seperti itu, ia menjawab : “Cemburu ? Buat apa mencemburuinya, ia bisa tinggal di sini dikarenakan dirinya telah memperoleh kesempatan dalam hidupnya. Jika suatu saat aku memperoleh kesempatan yang sama, aku pasti bisa berbuat lebih baik dari dirinya !” Itulah jawabanya, orang Amerika memang sangat mementingkan datangnya kesempatan.

Di Jepang, Yicai juga diajak temannya meninjau wilayah hunian orang kaya. Ia menanyainya dengan pertanyaan yang sama dengan sebelumnya. Teman Jepang itu mengeleng-gelengkan kepala : “Tidak, orang Jepang yang bertemu dengan orang yang lebih hebat dari dirinya, ia akan berinisiatif mendekatinya, berteman dengannya dan belajar segala kelebihan dirinya, untuk kemudian berupaya melampaui diri orang tersebut.” Iya, orang Jepang memang lihai.

Perhatian :
Kita harus mengakui kelebihan orang Amerika dan Jepang di atas, mereka bukan saja tidak pernah cemburu kepada orang yang lebih kaya, sebaliknya dengan cara mereka sendiri berupaya untuk menjadi orang kaya yang baru. Itulah semangat hidup yang positif.

Hikmah yang bisa diperoleh :
Sudah seyokgianya kita belajar kepada orang Amerika dan Jepang diatas. Lapangkan dada, ubahlah kecemburuan menjadi kekuatan untuk membangun diri sendiri, sehingga diri kita juga memiliki persyaratan memperoleh kekayaan berlimpah. Orang yang hanya cemburu buta tanpa melakukan apa-apa selamanya tidak akan pernah bisa melampaui orang lain. Ia cenderung akan tertinggal di batas garis kehidupan yang paling belakang. Masalahnya adalah “Sanggupkah kita melakukannya ?”

Jakarta, 02 Januari 2010


Xiang Yi



Categories: Cerita Kebijaksanaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: